5 Pengganti Santan untuk Membuat Kolak

Kamis, 14 Mei 2020 - 19:32 WIB
loading...
5 Pengganti Santan untuk Membuat Kolak
Selain memberikan rasa yang gurih, santan juga menciptakan kekentalan pada kuah masakan. Foto/Ilustrasi/Draxe.com
A A A
JAKARTA - Santan adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan pada masakan Indonesia, salah satunya kolak. Hampir setiap resep kolak pasti menggunakan sari buah kelapa ini sebagai bahan utamanya.

Meskipun santan terbuat dari kelapa, namun mengonsumsi berlebihan bisa menjadi pemicu timbulnya lemak dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Tidak heran jika kemudian banyak orang mencari alternatif pengganti santan untuk berbagai masakan dengan tujuan mengurangi asupan lemak tubuh. (

Selain memberikan rasa yang gurih, santan juga menciptakan kekentalan pada kuah masakan. Agar lebih sehat, santan bisa diganti dengan bahan lain dengan rasa yang tidak kalah nikmatnya.

Berikut bahan pengganti santan untuk membuat kolak seperti dikutip dari laman Endeustv.

1. Susu
Susu cair adalah salah satu bahan yang bisa menggantikan santan dalam masakan. Namun, tidak semua susu dapat digunakan untuk memasak. Hanya susu sapi murni dan tanpa perasa yang bisa digunakan untuk masakan. Susu tersebut mempunyai rasa yang gurih seperti santan.

Penggunaan susu untuk masakan juga sudah cukup umum seperti pada soto betawi. Sama halnya dengan santan, penambahan susu untuk masakan juga harus diperhatikan. Misalnya semua santan diganti dengan susu atau menambahkan setengah bagian susu dan setengah bagian santan.

2. Susu Evaporasi
Sekilas kemasan susu evaporasi mirip dengan kental manis. Namun, dari segi komposisi sangat berbeda seperti proses pembuatan, nutrisi, komposisi, dan juga cita rasa susu.

Susu evaporasi merupakan susu sapi murni yang sudah dihilangkan kadar airnya hingga 60% sehingga lebih awet. Rasa susu evaporasi ini tawar dan gurih meski tanpa penambahan gula. Susu evaporasi bisa digunakan untuk kolak, es buah, hingga es cincau.

3. Heavy Cream
Salah satu bahan untuk mengganti santan adalah dengan mencampur heavy cream atau krim kental dengan air kelapa murni. Caranya, blender krim kental dengan air kelapa murni dengan perbandingan tertentu sebagai pengganti santan. Campuran heavy cream dengan air kelapa ini juga disebut santan artificial yang cocok digunakan sebagai pengganti santan untuk bolu, semprit, dan sebagainya. ( )

4. Yogurt
Di banyak negara, yogurt digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Tentu saja yogurt yang digunakan adalah yogurt plain atau tanpa rasa. Bisa juga menggunakan greek yogurt. Yogurt dapat digunakan sebagai pengganti santan karena teksturnya yang kental dan lembut. Untuk mendapatkan santan pengganti, bisa blender yogurt dengan air agar rasa asamnya berkurang.

5. Susu dari Kacang-Kacangan
Selain susu sapi, susu dari kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif pengganti santan seperti susu kedelai, susu almond, susu mete, dan sejenisnya. Susu dari kacang-kacangan ini cocok bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi dan menghindari penggunaan santan berlebih. Meski demikian, susu jenis ini tidak boleh digunakan secara berlebihan karena mengandung kalori yang tinggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)