alexametrics

Konsumsi Putih Telur Setiap Hari, Ini Efeknya pada Kesehatan

loading...
Konsumsi Putih Telur Setiap Hari, Ini Efeknya pada Kesehatan
Telur merupakan makanan populer yang menyediakan kandungan protein dengan kualitas terbaik. Foto/Ilustrasi/Yahoo.com
A+ A-
JAKARTA - Telur merupakan makanan populer yang menyediakan kandungan protein dengan kualitas terbaik. Selain itu, telur juga mengandung 18 vitamin, mineral, serta nutrisi mikro seperti kolin, lutein, dan zeaxanthin.

Terlepas dari kandungan nutrisi tersebut, faktanya telur adalah makanan yang simpel dan fleksibel karena mudah dikonsumsi ataupun dimasak dengan berbagai cara. (Baca Juga: 8 Tips Sehat Buka Puasa, Makan Kurma hingga Protein Tanpa Lemak)

Diketahui, telur terdiri atas kuning dan putih telur. Tapi, tahukah Anda bahwa putih telur bermanfaat bagi kesehatan dan tidak boleh dilupakan dari menu diet rutin Anda?



Putih telur merupakan sumber riboflavin dan selenium yang baik, juga mengandung 54 mg potasium serta 55 mg sodium. Selain itu, putih telur juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari rutin memakan putih telur seperti dilansir laman Boldsky.

1. Membantu Kehamilan yang Sehat
Jika Anda makan satu putih telur, itu sama saja dengan mengosumsi 4 gram protein. Wanita hamil disarankan makan lebih banyak putih telur selama kehamilan agar memiliki banyak energi. Selain itu dapat pula mencegah bayi lahir prematur dan dengan berat lahir rendah.

2. Membuat Kenyang
Menyantap telur rebus saat sarapan akan membuat perut kenyang hingga jam makan siang karena adanya kandungan protein yang tinggi. Dengan begitu Anda akan kenyang lama sehingga menghindarkan Anda untuk menyantap makanan yang tidak sehat. (Baca Juga: Protein Bantu Sembuhkan Pasien COVID-19)

3. Membangun Otot
Protein sangat diperlukan untuk membangun otot yang kuat dan dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi putih telur. Jika Anda adalah orang yang sering berolahraga, makan putih telur setelah berolahraga bakal meningkatkan massa otot Anda.

4. Baik untuk Saraf dan Fungsi Otak
Putih telur mengandung kolin, yaitu nutrisi makro yang dapat membantu proses metilasi dan terlibat dalam pembuatan DNA sehingga mendukung fungsi saraf serta otak.

5. Mengandung Vitamin
Putih telur banyak mengandung riboflavin untuk mencegah masalah kesehatan seperti katarak mata dan sakit kepala terkait migrain. Putih telur juga dapat mencegah serangan jantung, demensia, dan penyakit tulang.

6. Tidak Ada Kolesterol
Perlu diketahui, putih telur adalah nonkolesterol dan bisa Anda konsumsi sebagai solusi diet yang sangat menghindari makanan dengan kolesterol, lemak, serta tinggi kalori.

7.Mengurangi Tekanan Darah
Masukkanlah putih telur dalam menu diet Anda setiap hari karena dipercaya dapat menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak