Pakai Masker Mata Jadi Iritasi? Ini Solusinya!

Jum'at, 01 Januari 2021 - 17:30 WIB
loading...
Pakai Masker Mata Jadi Iritasi? Ini Solusinya!
Cara memakai masker yang tidak benar bisa menyebabkan mata iritasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Memakai masker merupakan bagian dari protokol kesehatan . Sayangnya hal ini bisa berdampak pada masalah mata akibat salah pakai masker. Misalnya saja kacamata yang berembun. Dokter mata juga menyoroti beberapa gangguan pada mata yang meningkat akibat memakai masker.

Diantaranya infeksi bakteri pada kelopak mata, mata kering, kerusakan kornea, alergi (misalnya iritasi akibat detergen yang digunakan untuk mencuci masker), serta bintil dari saluran air mata yang tersumbat. Udara hangat yang berhembus akibat bernapas memakai masker, merupakan penyebab gangguan pada mata tersebut.

“Peningkatan sirkulasi udara di sekitar mata menyebabkan pelumas mata kita menguap dan cepat kering daripada biasanya. Yang menyebabkan kerusakan jaringan kornea dan konjungtiva,” urai Jonathan Wolfe, spesialis mata di Ardsley, New York.

Baca juga : Ini Kelebihan dan Kekurangan Swab Antigen

Ia menyebut, banyak dokter mata yang menilai meningkatnya infeksi pada kelopak mata sejak pandemi berlangsung. Berikut beberapa tips dari dokter mata untuk mencegah iritasi dan gangguan serius lain pada mata dikutip dari Thehealthy:

1. Jangan Salah Pakai Masker

“Salah memakai masker adalah salah satu penyebab gangguan pada mata,” kata Margaret Liu, MD, dokter mata dan pendiri San Francisco Eye Institute. Ketika masker dipakai longgar, udara yang dikeluarkan mulut terkena permukaan mata dan menyebabkan lensa mata berembun yang berhubungan dengan mata kering. Usahakan untuk menyesuaikan kawat yang terdapat pada masker dengan bentuk hidung sehingga, udara dari mulut tidak mengenai mata. Kalau menggunakan kacamata dan berembun, itu artinya masker belum terpasang dengan benar.

2. Pilih Bahan yang Tepat

Goresan pada kornea mata dan iritasi, bisa jadi akibat memakai dan melepas masker. “Terlebih jika material masker kaku atau tebal,” kata Yuna Rapoport, MD, dokter mata di New York. Penting untuk memilih masker yang tidak bisa menggores mata jika dilepas pakai. Bahan katun rangkap dua, adalah masker kain yang terbilang aman.

Baca juga : Rapid Test Antigen Tidak Efektif 100%?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)