Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih, Atasi Kolesterol Hingga Hipertensi

loading...
Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih, Atasi Kolesterol Hingga Hipertensi
Bawang putih adalah tanaman yang digunakan sebagai penyedap masakan, juga mengandung senyawa belerang yang diyakini memberi banyak manfaat kesehatan. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Bawang putih adalah tanaman yang digunakan sebagai penyedap masakan karena rasanya yang khas, juga mengandung senyawa belerang yang diyakini memberikan manfaat kesehatan dan sudah digunakan untuk mencegah serta mengobati berbagai macam kondisi dan penyakit.

Bawang putih rendah kalori dan kaya vitamin C, vitamin B6, dan mangan. Ini juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lainnya. Berikut manfaat kesehatan dari bawang putih dilansir Health Line. (Baca juga: Mengapa Harus Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran Berwarna Hijau? )

1. Mengurangi keparahan penyakit umum
Suplemen bawang putih dikenal dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Satu studi besar 12 minggu menemukan bahwa suplemen bawang putih setiap hari mengurangi jumlah pilek sebesar 63% dibandingkan dengan plasebo.

Studi lain menemukan bahwa dosis tinggi ekstrak bawang putih tua (2,56 gram per hari) mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61%. Meskipun kurangnya bukti yang kuat, menambahkan bawang putih ke dalam makanan patut dicoba jika Anda sering masuk angin.



2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Penelitian pada manusia menemukan suplemen bawang putih memiliki dampak signifikan pada penurunan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, 600-1.500 mg ekstrak bawang putih yang sudah tua sama efektifnya dengan obat Atenolol dalam menurunkan tekanan darah selama periode 24 minggu. Dosis suplemen harus cukup tinggi untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Jumlah yang dibutuhkan setara dengan sekitar empat siung bawang putih per hari.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Suplemen bawang putih tampaknya menurunkan kolesterol total dan LDL, terutama pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Kolesterol HDL dan trigliserida tampaknya tidak terpengaruh.



4. Mencegah penyakit alzheimer dan demensia
Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Efek gabungan pada penurunan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia. (Baca juga: Jadi Tersangka Kasus Video Porno, Karier Gisel Diramal Tak Akan Jatuh )

5. Membantu hidup lebih lama
Efek potensial bawang putih pada umur panjang pada dasarnya tidak mungkin dibuktikan pada manusia. Tetapi mengingat efek menguntungkan pada faktor risiko penting seperti tekanan darah, masuk akal jika bawang putih dapat membantu hidup lebih lama.

Fakta bahwa bawang putih dapat melawan penyakit menular juga merupakan faktor penting, karena ini adalah penyebab kematian yang umum, terutama pada orang tua atau orang dengan sistem kekebalan yang tidak berfungsi.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top