Bawang Putih Ternyata Ampuh Mengobati Pilek

loading...
Bawang Putih Ternyata Ampuh Mengobati Pilek
Selain menurunkan hipertensi dan kolesterol, bawang putih juga ampuh untuk mengobati flu dan pilek. Foto/medicalnewstoday.com
JAKARTA - Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan makanan dan obat. Ya mengonsumsi bawang putih dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Ini termasuk pengurangan risiko penyakit jantung, peningkatan kesehatan mental dan peningkatan fungsi kekebalan.

Bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan melawan kuman. Bawang putih utuh mengandung senyawa yang disebut alliin. Saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah, senyawa ini berubah menjadi allicin, bahan aktif utama dalam bawang putih.

Baca juga : Merawat Penderita COVID-19 Tanpa Khawatir Tertular, Ini Tipsnya!

Allicin mengandung sulfur, yang membuat bawang putih berbau dan berasa khas. Namun, allicin tidak stabil, sehingga cepat berubah menjadi senyawa lain yang mengandung sulfur yang dianggap memberi bawang putih khasiat obatnya.



Senyawa ini telah terbukti meningkatkan respons melawan penyakit dari beberapa jenis sel darah putih dalam tubuh saat mereka menghadapi virus, seperti virus yang menyebabkan pilek atau flu . Bawang putih telah menjanjikan sebagai pengobatan untuk mencegah pilek dan flu.

Dilansir dari Health Line, Senin (4/1) penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mengurangi risiko sakit sejak awal. Bawang putih juga dapat mengurangi keparahan gejala.

Baca juga : Anak Sakit? Observasi Dulu ya, Jangan Buru-Buru Ke Dokter



Satu studi dilakukan terhadap 146 sukarelawan dengan sehat suplemen bawang putih atau plasebo selama tiga bulan. Kelompok yang mengonsumsi bawang putih memiliki risiko 63% lebih rendah terkena flu, dan pilek mereka juga 70% lebih pendek.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top