Kiat Jaga Postur Tubuh agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Minggu, 10 Januari 2021 - 23:24 WIB
loading...
Kiat Jaga Postur Tubuh agar Terhindar dari Masalah Kesehatan
Ketika membungkuk di hadapan layar komputer, Anda menambah beban pada beberapa bagian penting tubuh. Foto Ilustrasi/Skinny Ms.
A A A
JAKARTA - Siapa yang suka tanpa sadar membungkuk? Ya, ini adalah kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Bukan hanya masalah estetika, faktanya postur membungkuk dapat berpengaruh pada kesehatan.

Sebaliknya, memperbaiki postur tubuh dapat mengurangi risiko nyeri, sakit, isu ketidakseimbangan tubuh, hingga masalah pernapasan yang dialami. Hal ini merujuk pada kiat dari National Institutes of Health (NIH). Postur meliputi cara berdiri dan duduk. Termasuk meliputi cara bergerak, dan menegakkan tubuh selama melakukan aktivitas bahkan ketika tidur.

( )

Menurut NIH, ada dua tipe postur yaitu postur statik. Ini adalah bagaimana posisi tubuh selagi duduk, berdiri, atau tidur. Yang kedua postur dinamik, yaitu posisi tubuh ketika bergerak misalnya posisi ketika berlari. Postur yang baik akan menyokong sendi, otot, tulang belakang, tendon, dan ligamen. Demikian dikatakan Tyler R. Koski, Direktur Northwestern Medicine Spine Center, seperti dikutip dari Self Magazine.

Jadi ketika membungkuk di hadapan layar komputer, Anda menambah beban pada beberapa bagian penting tubuh. Seiring waktu, kondisi ini akan membuat tubuh terasa nyeri terutama di area leher, bahu, punggung, lutut, dan pinggang.

Postur tubuh yang buruk juga dapat memengaruhi keseimbangan tubuh, yang membuat tubuh berisiko lebih sering jatuh atau tersandung. Dalam beberapa kasus, postur tubuh yang buruk dapat menekan diafragma dan menyebabkan masalah pernapasan. Masalahnya, banyak orang sudah memulai kebiasaan membungkuk sejak lama dan tidak pernah mengoreksinya.

“Postur yang buruk sering kali didapat dari kebiasaan,” kata Mike Murray,M.D., ahli bedah ortopedik.

Kebiasaan ini terbawa dalam melakukan berbagai aktivitas. Misalnya bermain ponsel dengan posisi duduk yang membungkuk.

Menjaga Postur Tubuh Ketika Berdiri

Lalu bagaimana menjaga postur tubuh yang baik ketika berdiri? Kita pasti ingin memiliki posisi berdiri yang dapat menyokong tulang belakang dengan baik. Sebelumnya harus diketahui bahwa tulang belakang memiliki tiga tulang yaitu di bagian leher, di bagian tengah punggung, dan bagian bawah punggung. Postur yang baik hendaknya menjaga tegaknya tiga tulang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)