Kenapa Penderita Diabetes Harus Rajin Konsumsi Brokoli? Ini Penjelasannya!

Minggu, 10 Januari 2021 - 15:58 WIB
loading...
Kenapa Penderita Diabetes Harus Rajin Konsumsi Brokoli? Ini Penjelasannya!
Brokoli sangat bagus dikonsumsi penderita diabetes karena sayuran ini mampu mengontrol gula darah. Foto/timesofindia
A A A
JAKARTA - Sayuran hijau yang satu ini terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi. Namun tidak hanya itu, berdasarkan banyak penelitian khususnya bagi penderita diabetes, brokoli amat baik untuk dikonsumsi. Berikut alasan kuatnya yang SINDOnews rangkum dari timesofindia.

1. Brokoli bagus untuk mengatur kadar gula darah

Untuk menjalani hidup yang panjang dan sehat, sangat penting untuk memasukkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda, terutama saat Anda menderita kondisi kronis seperti diabetes. Sayuran edibles dikemas dengan vitamin dan mineral yang dapat menangkis gejala kondisi kronis ini dan dengan mudah mengatur kadar gula darah Anda. Dari semua jenis sayuran, ada satu sayuran yang terbukti lebih efektif untuk penderita diabetes tipe 2: Brokoli.

Baca juga : Setelah Isolasi Mandiri 14 Hari, Penyitas COVID-19 Tak Berisiko Menularkan Virus Meski Test PCR Positif

2. Teman Penderita Diabetes

Jika Anda adalah seseorang yang menderita diabetes, makan brokoli, itulah yang disarankan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine. Temuan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, dan Fakultas Kedokteran di Lund University di Swedia ini menemukan bahwa ekstrak brokoli bisa cukup efektif dalam mengelola gejala diabetes tipe 2. Hal ini terutama disebabkan oleh adanya senyawa antioksidan yang disebut sulforaphane.

3. Mengurangi produksi gula di sel hati

Untuk penelitian tersebut, para peneliti memberikan ekstrak sulforaphane pada tikus yang mengidap diabetes pada tahap pertama percobaan. Ditemukan bahwa sulforaphane mengurangi produksi glukosa di sel hati, menurunkan glukosa darah puasa dan hemoglobin terglikasi. Selain itu, juga mengurangi produksi glukosa yang berlebihan dan intoleransi glukosa dengan besaran yang mirip dengan metformin, yang merupakan obat diabetes yang diresepkan.

Dalam percobaannya, diamati bahwa ekstrak sulforaphane dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah selama puasa. Penemuan ini dianggap penting karena metformin diketahui menyebabkan masalah terkait perut dan juga tidak diresepkan untuk mereka yang menderita masalah terkait ginjal.

Baca juga : Hadapi Musim Hujan saat Pandemi, Tubuh Butuh Nutrisi Agar Imunitas Terjaga

4. Kaya serat dan vitamin

Brokoli adalah salah satu sayuran padat nutrisi. Itu dikemas dengan manfaat serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, protein, dan kalium. Setengah cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat, yang menjadikannya pilihan yang disukai bagi orang yang menderita diabetes dan berat badannya turun.

Bagian terbaiknya adalah sayuran hijau ini dapat dinikmati baik mentah maupun dimasak. Selain itu, brokoli juga merupakan sumber dua antioksidan penting - lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu mencegah penyakit mata. Semua penderita diabetes perlu ekstra hati-hati tentang jenis makanan yang mereka masukkan ke dalam makanan mereka dan sayuran adalah sesuatu yang tidak akan pernah salah. Rendah kalori, kaya serat dan dikemas dengan nutrisi sehat, mereka adalah pilihan makanan terbaik untuk pasien diabetes.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)