Seseorang Masih Bisa Terinfeksi COVID-19 usai Divaksinasi, Ini Alasannya

Selasa, 12 Januari 2021 - 23:00 WIB
loading...
Seseorang Masih Bisa Terinfeksi COVID-19 usai Divaksinasi, Ini Alasannya
Orang dapat terpapar COVID-19 tepat sebelum divaksinasi atau setelahnya. Foto Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada 18 Desember lalu, seorang perawat ruang gawat darurat RS di San Diego, Amerika Serikat (AS), diberi suntikan vaksin COVID-19 . Seminggu kemudian, dia dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru.

Perlu waktu bagi vaksin untuk membangun kekebalan, dan vaksin COVID-19 memerlukan dua dosis, diberikan selang beberapa minggu untuk melatih sistem kekebalan tubuh. Orang dapat terpapar COVID-19 tepat sebelum divaksinasi atau setelahnya, dan tidak akan ada waktu bagi tubuh untuk mengembangkan pertahanannya.

( )

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan, membangun kekebalan biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu. Ini artinya ada kemungkinan seseorang dapat terinfeksi COVID-19 tepat sebelum atau setelah vaksinasi dan tetap sakit. Angka kemanjuran 95% untuk vaksin COVID-19 juga mengasumsikan beberapa waktu tunggu bawaan.

Melansir CNN, Moderna mengukur kemanjuran vaksinnya mulai 14 hari setelah dosis kedua. Sementara Pfizer mengukurnya mulai tujuh hari setelah dosis kedua. Tidak ada vaksin yang 100% efektif, dan pembuat vaksin COVID-19 masih mengevaluasi apakah vaksin melindungi dari semua infeksi atau hanya yang menyebabkan gejala.

CDC memperkirakan, 40% infeksi COVID-19 tidak menimbulkan gejala, dan uji coba vaksin Moderna dan Pfizer atau BioNTech hanya melihat apakah vaksin tersebut mencegah infeksi simtomatik.

Moderna mengatakan, pada Desember lalu pihaknya telah menyerahkan data ke Food and Drug Administration AS (FDA) yang menunjukkan bahwa vaksinnya mencegah 2/3 dari semua infeksi, termasuk infeksi tanpa gejala.

Untuk saat ini CDC merekomendasikan agar orang tidak berasumsi bahwa mereka sepenuhnya kebal terhadap infeksi setelah divaksinasi. Secara keseluruhan, kedua vaksin memberikan perlindungan sekitar 95% dalam uji klinis. Jadi sejumlah kecil orang mungkin masih tertular virus bahkan setelah dua suntikan. Dalam penggunaan yang lebih luas, tingkat kemanjuran ini dapat turun karena orang dengan berbagai tingkat respons sistem kekebalan mendapatkan vaksinasi dan kemudian pergi ke dunia luar.

Vaksin COVID-19 saat ini tidak dapat menginfeksi siapa pun dengan virus. Vaksin tidak mengandung virus. Sebaliknya, vaksin membawa bentangan kecil materi genetik yang dikenal sebagai messenger RNA atau mRNA. Ini menginstruksikan sel-sel dalam tubuh untuk membuat sepotong kecil bahan yang terlihat seperti bagian dari virus. Bit-bit itu pada gilirannya dikenali oleh sistem kekebalan sebagai penyerang asing, dan mulai membuat antibodi serta sel-sel kekebalan yang dapat mengenali dan menetralkan virus jika orang yang divaksinasi itu terpapar.

"Tak satu pun dari vaksin COVID-19 yang resmi dan direkomendasikan atau vaksin COVID-19 yang saat ini sedang dikembangkan di Amerika Serikat mengandung virus hidup yang menyebabkan COVID-19. Ini berarti vaksin COVID-19 tidak dapat membuat Anda sakit dengan COVID-19," kata CDC.

( )

Tidak ada yang tahu berapa lama vaksin akan melindungi orang dari infeksi. Perlindungan yang diberikan oleh vaksin dapat memudar seiring waktu, dan beberapa vaksin memerlukan suntikan penguat bertahun-tahun kemudian. Misalnya, CDC merekomendasikan orang dewasa untuk mendapatkan suntikan penguat tetanus setiap 10 tahun. Selama wabah campak atau gondok, CDC mengatakan, beberapa orang disarankan untuk mendapatkan dosis tambahan vaksin MMR untuk perlindungan tambahan.

Ada juga kemungkinan bahwa virus corona baru bermutasi dengan cara yang membuat vaksin menjadi kurang efektif. Strain virus influenza bermutasi secara konstan dan itulah salah satu alasan orang membutuhkan vaksin flu segar setiap tahun. Namun, dokter berharap virus corona tidak bermutasi seperti flu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)