Ini Jumlah Penurunan Berat Badan Ideal Selama Berpuasa Ramadhan

loading...
Ini Jumlah Penurunan Berat Badan Ideal Selama Berpuasa Ramadhan
Sebagian orang memanfaatkan puasa Ramadhan untuk menurunkan berat badan. Namun, perlu diperhatikan jumlah ideal penurunan berat badan yang tepat saat berpuasa. (Gulf News)
JAKARTA - Tidak hanya dijadikan waktu untuk beribadah, puasa Ramadhan juga kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan guna mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah perihal jumlah penurunan berat badan.

Spesialis Gizi Klinik MRCCC Siloam, Semanggi Dr dr Samuel Oetoro, MS SpGK menjelaskan, orang tidak sembarangan dalam menurunkan berat badan selama puasa. Idealnya, seseorang yang menjalankan puasa bisa mengalami penuruna berat badan 1—3 kilogram selama 1 bulan.

"Satu bulan itu hanya boleh turun 1 kilo sampai 3 kilo, enggak lebih. Kalau saya lebih aman buat jaga daya tahan 2 kilo. Itu udah cukup bagus," kata Samuel.(Baca Juga: Manfaatkan Puasa Ramadhan untuk Buang Racun dengan Detoks )

Sementara mereka yang mengalami obesitas disarankan berat badan tidak turun lebih dari 4 atau 5 kilogram. Angka ideal ini dinila bisa membuat tubuh tetap segar, bugar, serta daya tahan tubuh tetap terjaga selama menjalankan puasa Ramadhan.



"Kalau yang lebih dari 100 kilo yang lemaknya lebih banyak, lebih banyak dibakar turunnya lebih cepat. Tapi itupun tidak boleh lebih dari 4 atau 5 kilo. Kalau bisa di bawah 4 kilo, 3 1/2 kilo. Empat kilo itu udah cukup," kata dia.

Pada dasarnya penurunan berat badan saat menjalankan puasa tidak boleh terlalu cepat dan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, berat badan yang turun dengan cepat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit lantaran bukan lemak yang hilang melainkan air.

"Nguranginya jangan terlalu banyak. Nuruninnya sekitar 500 kalori per hari. Itu paling turun sekitar, 1 bulan 2 kilo," ujar Samuel.

Di sisi lain, Samuel mengingatkan bahwa berat badan yang turun terlalu cepat juga bisa mengambil energi dari protein. Protein sendiri penting untuk menjaga kualitas otot, yang mana otot harus selalu terjaga seperti otot jantung. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. (Baca Juga: 5 Pengganti Santan untuk Membuat Kolak )

"Jangan sampai Anda turun 40 kilo dalam waktu hanya sekitar 5 bulan. Artinya cadangan proteinnya juga akan terbuang. Kalau melakukan program yang bagus adalah diperiksa dulu body komposisi. Jadi kalau mau aman turunkan berat badan sendiri, dalam puasa ini cukup 2 kilo, maksimal 3 kilo. Ramping, sehat, daya tahan pasti oke," kata dia.
(alv)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top