Pos Bloc: dari Gedung Kantor Pos Bersejarah Menuju Ruang Kreatif Publik Generasi Muda

Kamis, 14 Januari 2021 - 00:55 WIB
loading...
A A A
Tak heran jika tepat di samping gedung pos ini berdiri pula Schouwburg Weltevreden (kini Gedung Kesenian Jakarta) yang menjadi pusat pertunjukan drama, teater, sastra, hingga film ternama pada zamannya. Mereka khusus membangun gedung layanan pos, telepon, dan telegraf untuk masyarakat ini tepat di seberang Pasar Baru, sebuah kawasan Pecinan sekaligus pusat perbelanjaan elit Belanda yang dibangun sejak 1820.

Handriani Tjatur Setiowati selaku Direktur Utama PT Pos Properti Indonesia mengatakan, keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan PT Pos Indonesia, di mana sebagiannya merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan Kolonial Belanda. Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda zaman sekarang merupakan satu keunikan tersendiri.

"Dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah dikombinasikan dengan penciptaan ruang-ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia, maka diharapkan Pos Bloc akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengeksplorasi daya kreativitas mereka sehingga mampu menghasilkan karya-karya berdaya jual tinggi," ujar Handriani.

"Di tempat ini pula Pos Indonesia akan berkolaborasi dengan anak-anak muda kreatif untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan daya jual karya kreatif mereka hingga mampu bersaing, tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di pasar internasional. Kenali dan cintai karya cipta anak bangsa untuk Indonesia yang lebih hebat," tambahnya.



Jimmy Saputro, Direktur Utama PT Ruang Kreatif Pos, mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut gembira sekaligus merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan PT Pos Properti Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah ini menjadi ruang kreatif publik yang berjiwa kekinian namun tidak meninggalkan identitas awalnya.

"Semoga Pos Bloc dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan tempatnya berada serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya,” harap Jimmy Saputro.

Pos Bloc Jakarta rencananya mulai dibuka untuk umum pada 17 Agustus 2021.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)