Pernah Coba Bawang Hitam? Banyak Banget Lho Manfaatnya buat Kesehatan

Sabtu, 16 Januari 2021 - 01:01 WIB
loading...
Pernah Coba Bawang Hitam? Banyak Banget Lho Manfaatnya buat Kesehatan
Ini adalah bawang putih yang sudah melalui proses fermentasi dengan suhu tertentu dan didiamkan hingga puluhan hari. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sudah pernah mencoba bawang hitam? Ini adalah bawang putih yang sudah melalui proses fermentasi dengan suhu tertentu dan didiamkan hingga puluhan hari. Rasanya? manis, asam, tanpa meninggalkan aroma kuat bawang putih normalnya.

Baca juga: 5 Minuman Sehat untuk Menjaga Suhu Badan Tetap Normal

Selama proses fermentasi, bawang yang semula putih berubah menjadi hitam pekat. Tekstur bawang putih yang semula renyah kini menjadi lembut dan lebih manis daripada bawang mentah.

Kendati tidak jelas asal muasal bawang hitam ini, tapi yang pasti bermula dari Asia. Bawang hitam ini memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi lain yang bisa meningkatkan sekaligus menjaga kesehatan dan mencegah penyakit serius. Dikutip dari WebMD, berikut segenap manfaat bawang hitam.

1. Mengontrol gula darah

Seperti bawang putih mentah, bawang hitam dapat membantu mengatur gula darah juga menekan gula darah tinggi yang bisa mencegah berbagai penyakit serius, seperti diabetes, disfungsi ginjal, dan lainnya. Kandungan antioksidan yang tinggi juga mencegah komplikasi diabetes .

2. Melindungi kesehatan jantung

Bawang putih mentah dikenal dapat menyehatkan jantung. Bawang hitam juga menyediakan khasiat yang sama termasuk menekan kolesterol dan trigliserida yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Melawan kanker

Banyak studi yang menunjukkan antioksidan pada bawang hitam bisa melawan kanker, salah satunya mencegah pertumbuhan sel kanker usus. Bawang hitam juga bisa menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan kerusakan sel dan menghambat pertumbuhan dan potensi sebaran kanker di tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)