Tidak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Limun Kunyit

Sabtu, 16 Januari 2021 - 03:33 WIB
loading...
Tidak Hanya Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Limun Kunyit
Mengonsumsi minuman ini dianggap sebagai cara terbaik untuk mendapatkan manfaat terapeutik dari kunyit dan jeruk nipis. / Foto: Ilustrasi/A Small Life
A A A
JAKARTA - Minuman campuran jeruk nipis dan kunyit atau biasa disebut limun kunyit merupakan minuman yang menyehatkan dan menyegarkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Kenang Syekh Ali Jaber, Deddy Corbuzier: Beliau Sosok yang Luar Biasa

Mengonsumsi minuman ini dianggap sebagai cara terbaik untuk mendapatkan manfaat terapeutik dari kunyit dan jeruk nipis, tanpa mengurangi rasanya.

Adanya kandungan kurkumin, fitokimia utama dalam kunyit diyakini efektif melawan berbagai gangguan seperti anoreksia, luka diabetes , artritis hingga penyakit inflamasi. Menyadur dari laman Boldsky, berikut manfaat kesehatan limun kunyit.

1. Mencegah alzheimer

Limun kunyit dapat membantu menekan kerusakan oksidatif pada otak, mengurangi peradangan dan mencegah penurunan kognitif dan penumpukan amiloid di mana hal tersebut dapat menurunkan risiko alzheimer.

2. Mengurangi gejala depresi

Limun kunyit bisa berperan juga sebagai antidepresan dan dapat membantu mengurangi gejala depresi seperti kecemasan, kelelahan, kehilangan minat, kehilangan nafsu makan, masalah tidur, iritasi, kemarahan, perubahan suasana hati, dan pikiran untuk bunuh diri.

3. Dapat menurunkan risiko kanker

Menurut sebuah penelitian, kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan antioksidan kuat pada pH netral dan asam. Jika diaktifkan dengan benar, kurkumin dapat menyebabkan apoptosis dan mengurangi risiko kanker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)