4 Makanan Terbaik saat Anda Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah

loading...
4 Makanan Terbaik saat Anda Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah
Masih banyak orang yang tidak tahu makanan yang harus dikonsumi saat mereka positif covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Ini tipsnya. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Masih banyak orang yang tidak tahu makanan yang harus dikonsumi saat mereka positif covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Padahal, memilih makanan yang tepat bisa membuat imun kuat dan lebih cepat sembuh.

Vitamin C, D, dan B kompleks sangat dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang sedang isolasi mandiri karena positif Covid-19. Semua vitamin itu dapat membantu membentuk imun tubuh.

Baca juga: Hotel Jadi Tempat Isolasi, Kadinkes DKI: Kita Siapkan Warga Silakan Memilih
Lalu, makanan dan minuman apa yang harus dipilih setelah tubuh diberi vitamin. Seperti dikutip laman Eufic, berikut ulasannya:

1. Makan banyak buah dan sayuran
Buah dan sayur adalah salah satu makanan terpenting untuk memasok vitamin , mineral , dan serat yang dibutuhkan tubuh kita untuk kesehatan yang baik dan fungsi kekebalan yang normal.



Anda harus makan setidaknya lima porsi (setara dengan sekitar 400gram) buah dan sayuran setiap hari. Versi segar, beku, kalengan, dikeringkan dan dijus (maksimum satu porsi per hari) semuanya dihitung sebagai satu porsi.

Karena buah dan sayuran berwarna berbeda memberikan kombinasi vitamin, mineral, dan fitokimia yang berbeda, pastikan untuk menambahkan variasi pada makanan harian Anda jika memungkinkan.

2. Pilih biji-bijian
Biji-bijian utuh , tidak seperti biji-bijian olahan, mempertahankan sebagian besar struktur biji-bijian, menjaga lapisan yang menahan vitamin, mineral dan serat. Selain itu, biji-bijian juga menyediakan sumber karbohidrat penting yang memberi kita energi dan dapat membantu kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.



3. Gantikan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh
Lemak adalah bagian penting dari diet sehat. Namun, tidak semua lemak memiliki efek yang sama bagi kesehatan. Menukar lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Ketersediaan Vaksin Covid Bisa Bikin Harga Emas Jadi Berkarat

Anda dapat melakukan ini dengan mengurangi asupan makanan seperti daging berlemak, produk susu tinggi lemak dan minyak tropis seperti kelapa sawit dan menambahkan makanan seperti kacang-kacangan, berminyak ikan dan tanaman minyak seperti minyak zaitun dan minyak lobak.

4. Kontrol ukuran porsi
Mungkin sulit untuk mendapatkan ukuran porsi yang tepat, terutama saat memasak di rumah. Memahami seperti apa porsi yang tepat dapat membantu kita tetap dalam keseimbangan energi dan menghindari makan kurang atau berlebihan. Tidak semua makanan memiliki ukuran porsi yang sama. Lihat trik "praktis" kami untuk ukuran porsi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa porsi yang sehat untuk makanan yang berbeda.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top