Makan Satu Buah Alpukat Setiap Hari Bisa Bikin Usus Sehat

Rabu, 20 Januari 2021 - 10:10 WIB
loading...
Makan Satu Buah Alpukat...
Konsumsi alpukat secara rutin, satu buah sehari bisa membantu menyehatkan pencernaan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian baru menunjukkan, bahwa makan satu buah alpukat sehari dapat membantu menjaga mikroba di usus tetap sehat, beragam, dan seimbang. Temuan ini dipublikasikan pada Agustus di The Journal of Nutrition.

"Kami telah mengetahui untuk beberapa waktu bahwa orang harus makan lebih banyak serat untuk kesehatan usus , tapi sekarang ada penelitian untuk membuktikannya dalam hal kebaikan hijau yang kita semua tahu dan cintai, alpukat,” kata Elizabeth Shaw, MS, RD, seorang ahli diet di California dan penulis Instant Pot For Dummies.

Penelitian yang didukung oleh Hass Avocado Board ini mengikuti kesehatan dan diet 163 orang dewasa yang kelebihan berat badan. Satu kelompok diminta untuk makan satu buah alpukat hass sehari dan kelompok lainnya tidak.

Baca Juga : Plasma Darah Tingkatkan Angka Kesembuhan Pasien COVID-19

Dilansir dari Verrywell Health, Rabu (20/1) pada partisipan yang makan satu buah alpukat per hari selama 12 minggu, para peneliti mengamati perubahan positif pada bakteri usus. Peneliti juga menemukan adanya peningkatan keragaman bakteri.

“Para peserta tidak hanya meningkatkan kesehatan usus mereka dengan konsumsi alpukat, tetapi mereka tidak harus mengikuti diet ketat dan menghilangkan makanan,” jelas Shaw.

Penting untuk diingat bahwa temuan studi tunggal tidak dapat digeneralisasikan untuk populasi yang lebih besar. Namun, hasil uji coba baru-baru ini menambah bukti bahwa alpukat membantu mengelola mikrobioma usus.

Baca Juga : Dibenami Banyak Magnet, iPhone 12 Disebut Bisa Ganggu Alat Implan Jantung

Studi kecil lainnya yang didanai oleh Haas Avocado Board menemukan bahwa mikrobiota usus orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas berbeda dalam menanggapi diet, termasuk alpukat dibandingkan dengan kontrol.

"Seringkali, klien yang membatasi asupan mereka untuk mengikuti pola diet tertentu akhirnya kehilangan kemajuan yang mereka buat dalam kesehatan mereka secara keseluruhan karena itu tidak berkelanjutan," ungkap Shaw.

"Ini menunjukkan bahwa menambahkan makanan yang menyehatkan jantung seperti alpukat ke dalam diet seimbang menjadi tren diet baru yang bagus untuk meningkatkan kesehatan usus Anda," sambungnya.

Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan asupan serat harian mulai dari 19 gram hingga 38 gram per hari, tergantung pada beberapa faktor seperti usia Anda. Memasukkan makanan seperti alpukat dalam diet sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Baca Juga : Perhatikan! Ini yang Bisa Sebabkan Pria Jadi Eksibisionis

Serat buah, seperti pektin, telah terbukti meningkatkan mikrobioma usus yang sehat. Ilmuwan menyarankan ini karena efek positif pektin pada probiotik hidup yang bermanfaat.

Serat juga dapat melindungi lapisan usus besar dengan meningkatkan massa dan berat feses serta mempercepat pembuangan. Serat juga menambah makanan Anda secara massal dan memperlambat kecepatan pencernaan, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

(wur)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Stop Pakai Sarung Tangan...
Stop Pakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!
Jangan Tunggu Sirosis,...
Jangan Tunggu Sirosis, Dokter Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Hati Sejak Dini
3 Gerakan Sederhana...
3 Gerakan Sederhana agar Tubuh Lebih Segar dan Tidak Kaku saat Bangun Tidur
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Benarkah Olahraga Malam...
Benarkah Olahraga Malam Berbahaya? Ini Penjelasan Dokter
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Asosiasi Minta Rancangan...
Asosiasi Minta Rancangan Aturan Peringatan Kesehatan Tak Bertentangan dengan UU Hak Kekayaan Intelektual
Rekomendasi
Binus School dan Damai...
Binus School dan Damai Indah Golf Sinergi Perkuat Pengembangan Soft Skill Siswa
Generasi Hijau dari...
Generasi Hijau dari Lereng Merapi: Pemuda Boyolali Pimpin Masa Depan Peternakan Berkelanjutan
Pengacara Jokowi: Ada...
Pengacara Jokowi: Ada Dugaan Manipulasi Bukti Elektronik dalam Kasus Ijazah Jokowi
Berita Terkini
Dibully Sampai Hidupnya...
Dibully Sampai Hidupnya Hancur, Ini Balas Dendam Anna di Microdrama V+Short She Was Never Gone
Nakei Tampilkan Pendewasaan...
Nakei Tampilkan Pendewasaan Musik Lewat Single Kedua 'Setengah Hadir'
Samuel Cipta Hadirkan...
Samuel Cipta Hadirkan Makna Cinta Lewat Single Terbaru Jagat Rasa
Bukan Skill Game-nya,...
Bukan Skill Game-nya, Ini yang Membuat Konten Refa Ardhi Disukai Banyak Orang
Program Loyalitas Jadi...
Program Loyalitas Jadi Strategi Pusat Belanja Menjaga Kedekatan dengan Pengunjung
Kesuksesan Refa Ardhi...
Kesuksesan Refa Ardhi di Dunia Digital Ternyata Dibangun dari Hal Sederhana Ini
Infografis
5 Manfaat Kurma untuk...
5 Manfaat Kurma untuk Berbuka Puasa, Bisa Mengontrol Nafsu Makan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved