Masker Buah Mampu Percantik Penampilan

loading...
Masker Buah Mampu Percantik Penampilan
Kandungan dalam buah-buahan mampu membantu meningkatkan kesehatan kulit. (Foto: Dok/Pinterest)
SELAIN bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan dalam buah juga baik untuk kulit. Hampir semua jenis buah mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan kulit.

Contohnya alpukat dengan vitamin A dan C, folat juga lutein yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan inflamasi serta mempercepat penyembuhan luka.Vitamin C tinggi pada jeruk, kiwi, dan jambu merah untuk daya tahan tubuh nyatanya juga paling baik mencerahkan warna kulit. Belum lagi dalam buah pepaya ada enzim papain untuk merawat kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jangan lewatkan semangka dan tomat yang mengandung lycopene guna membantu penyerapan kulit terhadap oksigen, melindungi kulit dari sinar UV, dan meregenerasi sel kulit.Tidak jarang mereka yang ingin merasakan manfaat buah-buahan tersebut langsung ke area kulit yang diinginkan seperti wajah.

Membuat masker berbahan buah kini menjadi pilihan. Dokter umum Lisa Profianty, pemilik klinik kecantikan Arlisa Clinic, mengatakan, masker buah dapat lebih efektif, bahkan lebih alami tanpa efek samping. Memang tidak ada ketentuan pasti cara membuat masker buah, namun buah dapat dihancurkan halus menggunakan blender atau dirajang kasar.



“Terpenting dan yang selalu saya ingatkan ke pasien adalah kebersihan dari alat pembuat masker itu. Misalnya, perhatikan kebersihan pisau untuk memotong buah. Jangan sampai pisau bekas memotong daging lalu dibuat memotong buah untuk masker," ungkap Lisa. Baca juga: Penuhi Kebutuhan di Tengah Pandemi, Kemenkes: Nakes Belum Punya STR Bisa Praktik

Jika itu terjadi, niat membuat wajah bersih, yang terjadi justru sebaliknya. Misalnya, mucul jerawat yang bisa jadi karena alat yang dipakai tidak bersih. Masker dari buah itu juga dapat dicampur dengan bahan lain untuk mendapatkan tekstur masker yang nyaman dan menambah khasiat untuk kulit.

Misalnya, outmeal yang mengandung antioksidan dan efek antiradang mampu melembapkan kulit. Yoghurt tawar juga dapat dicampurkan dalam masker buah. Asam laktat dalam yogurt merupakan antibiotik untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah. Vitamin B dan seng dalam yogurt juga memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Tambahan minyak zaitun juga kerap digunakan untuk melembapkan kulit.



Almond yang sebenarnya termasuk buah juga kerap dijadikan masker. Protein dan vitamin yang terkandung dalam almond bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam di wajah dan area bawah mata. Baca juga: Usai Suntik Vaksin Tak Otomatis Langsung Kebal Covid-19, Ini Penjelasannya
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top