Anda Sudah Divaksin Covid-19, Cuci Tangan Tetap Penting Lho!

Sabtu, 23 Januari 2021 - 17:01 WIB
loading...
Anda Sudah Divaksin Covid-19, Cuci Tangan Tetap Penting Lho!
Kendari Anda sudah vaksin, para ahli kesehatan memperingatkan untuk mematuhi pedoman keselamatan untuk mengurangi penyebaran virus, termasuk cuci tangan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Program vaksinasi Covid-19 sedang berlangsung di beberapa bagian dunia, Indonesia salah satunya. Namun, para ahli kesehatan telah memperingatkan untuk mematuhi pedoman keselamatan untuk mengurangi penyebaran virus. Sayang, mendapatkan vaksinasi Covid-19 tidak berarti bebas untuk pergi tanpa masker atau acara berkelompok.

Dilansir Times Now News, Sabtu (23/1) sebenarnya, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak sosial akan terus menjadi hal yang penting bahkan setelah Anda divaksinasi. Misalnya, cuci tangan telah diidentifikasi sebagai alat yang efektif untuk mencegah infeksi virus corona baru dan penyakit lainnya.



Mencuci tangan dengan sabun tetap menjadi salah satu pertahanan terbaik melawan virus corona baru. Mencuci tangan tidak hanya penting untuk menghindari infeksi Covid-19, tetapi juga dapat membantu menghindari lebih banyak infeksi lain, yang dapat memengaruhi kesehatan.

Dr Shruti Arya, Konsultan Penyakit Dalam Rumah Sakit Columbia Asia Whitefield, Bangalore, menjelaskan bagaimana mencuci tangan sederhana dengan air mengalir dan sabun dapat membantu mencegah banyak infeksi, termasuk Covid-19.

Kuman yang ada pada benda dan permukaan yang berbeda dapat menyebarkan berbagai infeksi saat Anda menyentuh wajah, mata, hidung tanpa mencuci tangan. Virus dapat bertahan di gagang pintu, tombol angkat, paket pengiriman berjam-jam, dan kemungkinan penyebaran infeksi lebih tinggi jika menyentuh wajah tanpa mencuci atau membersihkan tangan.



Cuci tangan adalah salah satu protokol utama untuk menghindari infeksi COVID-19 bersama dengan jarak sosial dan penggunaan masker. Selain itu, infeksi saluran cerna, seperti salmonella, dan infeksi saluran pernapasan lainnya adalah infeksi umum yang dapat menyebar melalui fomites.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3018 seconds (0.1#10.140)