Filosofi Motif Batik dari 6 Daerah di Indonesia

Minggu, 24 Januari 2021 - 18:19 WIB
loading...
A A A
Filosofi Motif Batik dari 6 Daerah di Indonesia


Berbagai motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota Pekalongan. Batik Pekalongan merupakan Batik Pesisir paling kaya akan warna. Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Selain memiliki motif bunga cerah, ciri lain dari batik Pekalongan yakni memiliki motif garis dan juga titik pada setiap hasil kerajiann batik tersebut. Batik Pekalongan menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi pengaruh budaya luar. (Baca juga: Jaga Orisinalitas dan Kualitas Batik Tulis Demi Generasi Mendatang)

4. Batik Singa Barong (Cirebon)

Filosofi Motif Batik dari 6 Daerah di Indonesia


Batik Singa Barong dari Cirebon memiliki makna berdasarkan nama dan sejarahnya, singa barong merupakan sejenis binatang mitologis atau ajaib. Karena dalam budaya Jawa maupun Bali kata “barong” memiliki arti ajaib.

Filosofi dari batik Singa Barong Cirebon sebagai wujud simbol-simbol yang bersifat spirititual. Sebagian besar tokoh di Keraton Kasepuhan lebih memaknai garuda yang bersayap seperti burak atau bauraq sebagai lambang agama Islam, sedangkan gajah sebagai lambang agama Hindu, dan naga sebagai lambang agama Budha (atau budaya China), dan yang terakhir adalah singa sebagai lambang agama Protestan (atau budaya Eropa Barat).

5. Batik Priyangan (Tasikmalaya)

Filosofi Motif Batik dari 6 Daerah di Indonesia


Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki corak rapat, rapi, dan berkelas. Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik Priyangan. (Baca juga: Satelit Ini Mampu Menghitung Populasi Gajah di Afrika)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)