11 Tips Penggunaan Masker yang Tepat dan Efektif

Kamis, 28 Januari 2021 - 11:50 WIB
loading...
11 Tips Penggunaan Masker yang Tepat dan Efektif
Mengenakan masker adalah salah satu wujud kepedulian terhadap kesehatan komunitas lingkungan Anda. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker , menjaga jarak, dan mencuci tangan harus selalu ditegakkan. Mengenakan masker sendiri adalah salah satu wujud kepedulian terhadap kesehatan komunitas lingkungan Anda.

Masalahnya, masih banyak terjadi penggunaan masker yang salah. Ada baiknya Anda menyimak tips berikut, yang disampaikan oleh 3M Indonesia.

1. Pilih Masker dengan Kualitas Baik
Sebaiknya pilih masker yang memiliki fitur tiga lapis filter dan lapisan filter dalam yang nyaman, serta klip hidung yang dapat ditekuk agar dapat membentuk masker ke wajah Anda lebih mudah.



2. Pastikan Masker yang Digunakan Bersih
Baik masker kain yang dapat digunakan berulang kali maupun masker kesehatan sekali pakai, penting untuk diperiksa kebersihan dan kondisinya sebelum dipakai. Jika rusak, lebih baik gunakan yang baru. Untuk masker kain pun lebih baik mengenakan masker yang baru dicuci atau belum pernah dipakai sebelumnya.

3. Cuci Tangan
Sebelum mengenakan masker, ada baiknya Anda mencuci tangan terlebih dulu. Cuci tangan lagi saat akan melepas masker. Ketika meletakkan tangan di dekat wajah, sangat penting untuk memastikan tangan dalam keadaan bersih. Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun selama minimal 20 detik dan keringkan secara menyeluruh. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

4. Pilih Masker yang Nyaman Sesuai Bentuk Wajah
Ukuran masker yang terlalu besar atau terlalu kecil akan menyebabkan perlindungan masker wajah kurang optimal.

5. Pastikan Masker Menutupi Hidung dan Mulut
Masker wajah Anda harus menutupi hidung dan mulut setiap saat untuk hasil terbaik.

6. Agar Kacamata Tak Berkabut
Setelah menempelkan klip hidung masker ke wajah, letakkan bantalan kacamata di bagian paling atas masker agar napas Anda tidak membuat kacamata buram. Atau, cuci kacamata dengan air sabun sebelum memakainya. Sabun dapat meninggalkan lapisan film tak terlihat yang berfungsi sebagai pelapis dari kabut.

7. Simpan Masker di Tempat Bersih dan Kering
Simpan masker cadangan Anda tetap pada bungkusnya, dan untuk masker yang dapat digunakan kembali simpan pada tempat lain agar tidak basah atau kotor. Jangan menaruh masker di atas meja ketika sedang makan. Masker malah bisa terkena tumpahan makanan atau minuman, atau bahkan terkontaminasi virus yang mungkin ada di permukaan meja.

8. Hindari Pemakaian Masker Terbalik
Beberapa masker memiliki bagian atas yang dilengkapi klip yang dapat membentuk hidung Anda. Jika dipakai terbalik, masker tidak akan sesuai dengan wajah Anda dan klip hidung yang tidak pas dapat menyebabkan celah di pangkal hidung.



9. Hindari Menyentuh Wajah saat Gunakan Masker di Tempat Umum
Menyentuh wajah saat menggunakan masker dapat berpotensi menginfeksi diri Anda sendiri melalui tangan dan juga berisiko menularkannya ke orang lain.

10. Hindari Buka Pakai Masker Berulang Kali
Setelah masker Anda terpasang, selalu kenakan dengan baik, karena melepas masker dapat membuatnya kotor.

11. Hindari Lupa Pakai Masker
Jadikan hal ini kebiasaan baru untuk menggunakan masker setiap kali Anda keluar rumah. Buatlah catatan untuk diri sendiri sebelum Anda meninggalkan rumah, atau Anda juga dapat menyimpan masker bersih di dalam mobil atau di dekat pintu depan rumah. Selain itu, Anda dapat pula mempersiapkan masker cadangan di dalam tas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)