Cegah Sakit Jantung Sejak Dini dengan Rutin Medical Check-up

Sabtu, 30 Januari 2021 - 06:07 WIB
loading...
Cegah Sakit Jantung Sejak Dini dengan Rutin Medical Check-up
cara terbaik untuk mendeteksi risiko sakit jantung adalah memeriksakan diri sejak muda. / Foto: ilustrasi/CubalHeal
A A A
JAKARTA - Melalui data yang disajikan Sample Registration System Indonesia diketahui bahwa penyakit jantung menyebabkan kematian paling banyak nomor dua di bawah stroke. Padahal setiap orang bisa mencegah sakit jantung dengan berbagai cara, salah satu cara cegah sakit jantung adalah dengan rutin menjalani medical check-up.

Baca juga: Hidup Sederhana di Rumah Mungil, Kang Pipit Pernah Jadi Kuli Bangunan

Seseorang mungkin mengidap penyakit jantung tanpa gejala yang kentara. Itu sebabnya perlu pemeriksaan kesehatan secara berkala, terutama yang memiliki faktor risiko tinggi sakit jantung .

Penyakit jantung tidak kenal usia. Orang muda berusia 20-an tahun pun bisa terkena serangan jantung . Maka cara terbaik untuk mendeteksi risiko sakit jantung adalah memeriksakan diri sejak muda. Deteksi dini lewat medical check-up menjadi langkah penting untuk cegah sakit jantung.

Dikutip dari laman Primaya Evasari Hospital, medical check-up adalah prosedur pemeriksaan kesehatan diri secara menyeluruh di laboratorium atau rumah sakit.

Dalam pemeriksaan ini, akan diketahui kondisi medis seseorang secara umum. Bila ada tanda gangguan kesehatan, orang yang menjalani pemeriksaan bisa menentukan langkah segera untuk mengatasinya.

Tapi kebanyakan orang merasa takut atau malas mengikuti medical check-up. Alasannya beragam. Yang paling sering adalah khawatir mendapati penyakit dalam tubuhnya sehingga harus dirawat atau menerapkan pantangan tertentu. Padahal justru itulah pentingnya medical check-up.

Dengan mengetahui adanya tanda atau gejala masalah kesehatan sedari dini, peluang kesembuhan makin besar. Khusus untuk upaya cegah sakit jantung, medical check-up menjadi tahap pertama sebelum pemeriksaan spesifik terhadap kondisi jantung untuk menegakkan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat.

Baca juga: Peringati Hari Gizi Nasional, FFI dan Pergizi Pangan Gelar Edukasi Gizi

Sasaran medical check-up yang terkait dengan pencegahan sakit jantung mencakup tekanan darah, kadar kolesterol, evel gula darah dan ketahanan fisik.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1583 seconds (11.252#12.26)