Enggak Pakai Mahal, Begini Cara Turunkan Kolesterol Secara Alami

Jum'at, 05 Februari 2021 - 09:42 WIB
loading...
Enggak Pakai Mahal, Begini Cara Turunkan Kolesterol Secara Alami
Kadar kolesterol LDL yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. / Foto: ilustrasi/PhillyVoice
A A A
JAKARTA - Terkait kolesterol , terdapat dua jenis yang secara umum dikenali di tengah masyarakat, yakni kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik. Kadar kolesterol LDL yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular , termasuk serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Baca juga: Ini Urutan Gejala Covid-19 yang Muncul Setelah Terinfeksi

Risiko kolesterol tinggi bisa menjadi alasan bagi Anda untuk mempelajari berbagai cara untuk mengontrol dan mengelola kadar kolesterol tubuh Anda. Berikut beberapa tips penting untuk mengatasi kolesterol secara alami seperti dilansir Boldsky.

1. Makan Banyak Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Sertakan makanan kacang-kacangan seperti kacang polong, buah-buahan, oat dan biji-bijian ke dalam menu makanan Anda untuk kadar kolesterol yang lebih sehat.

2. Konsumsi Ikan

Konsumsi berbagai ikan seperti salmon, tuna, dan makanan laut lainnya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Ikan salmon dan tuna kaya akan omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Makan Telur dalam Jumlah Sedang

Konsumsi harian kolesterol yang dianjurkan adalah 300 mg sementara satu telur mengandung sekitar 213 mg kolesterol. Ini berarti Anda boleh makan telur, tetapi jangan berlebihan.

4. Ganti Gula dengan Madu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)