Menuju Smart City, Lokasi Wisata di Klungkung Dipasangi CCTV Analitic

loading...
Menuju Smart City, Lokasi Wisata di Klungkung Dipasangi CCTV Analitic
Salah satu kawasan wisata di Klungkung, Bali. Foto/Istimewa
KLUNGKUNG - Sebagai wujud komitmen untuk menjadikan Klungkung , Bali, sebagai salah satu smart city di Indonesia, pemerintah kabupaten setempat akan memasang CCTV Analitic di lokasi wisata. CCTV ini selain digunakan untuk memantau kondisi di objek wisata, juga mampu mengenali wajah pengunjung.

“Ini merupakan salah satu langkah penting untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, tentu demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melalui keterangan tertulis, Kamis (11/2).

Baca Juga: Sandiaga Uno Gerak Cepat untuk Pulihkan Pariwisata Bali

CCTV Analitic yang dapat mengenali wajah dalam jarak 25-50 meter, akan dipasang di pantai kawasan Nusa Penida yaitu Pantai Atuh, Kelingking Beach, Pasih Uug, Angel’s Billabong, dan kawasan Devil Tears. CCTV ini diharapkan dapat mempermudah pemantauan pada wisatawan maupun oknum yang mau berbuat kriminal serta mengawasi keadaan daerah wisata agar bisa diambil tindakan yang cepat dan tepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami harapkan hal ini dapat mempertinggi efisiensi dalam memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kenyamanan warga maupun wistawan,” ujar Suwirta.



Suwirta juga mengharapkan pemasangan CCTV Analitic nantinya dapat menopang program Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memang sudah berjalan di Nusa Penida.

Baca Juga: 34 Juta Terancam Hilang Mata Pencarian, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Beli Produk Kreatif Anak Bangsa

“Tentu kami tetap pada komitmen untuk mewujudkan kesadaran akan keselamatan dan keamanan di kalangan pelaku pariwisata di tengah pandemi COVID-19,” pungkas Suwirta.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top