Jus tomat dan Teh Hitam Ternyata Bisa Menurunkan Gula Darah, Lho!

Sabtu, 13 Februari 2021 - 16:05 WIB
loading...
Jus tomat dan Teh Hitam...
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Bagi penderita diabetes tipe 2 , jus tomat dapat membantu mencegah masalah jantung yang sering memperumit penyakit. Menurut Diabetes in Control, para peneliti telah menemukan bahwa minum jus tomat selama tiga minggu memiliki efek pengencer darah pada orang dengan penyakit tersebut.

"Jus tersebut mengurangi agregasi platelet, kemampuan darah untuk membeku. Jika dikuatkan oleh penelitian yang lebih besar, temuan ini suatu hari nanti juga dapat membantu individu dengan kecenderungan peningkatan pembekuan seperti perokok, trombosis vena dalam jarak jauh," kata Diabetes in Control.

Baca juga : Mama Mama Milenial Angkat Fenomena Generasi Milenial Mengharukan

Dilansir dari Express, Sabtu (13/2) penulis studi British Journal of Nutrition menemukan wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas mengalami penurunan peradangan setelah minum sekitar satu setengah cangkir jus tomat setiap hari selama tiga minggu.

Tomat memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama karena mengandung likopen. Ini adalah zat kuat yang menurut penelitian dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan degenerasi makula.

Baca juga : Resep Membuat Tahu Telur, Jangan Lupa Siraman Saus Kacang

Di samping itu, studi telah menemukan bahwa teh hitam secara signifikan mengurangi peningkatan kadar glukosa darah di antara orang dewasa yang sehat dan pra-diabetes, dalam hal ini setelah mengonsumsi minuman manis.

"Kami menunjukkan bahwa teh hitam mengurangi peningkatan glukosa darah setelah konsumsi sukrosa pada 60, 90 dan 120 menit dibandingkan dengan plasebo," jelas penulis studi tersebut.

Baca juga : Edukasi Kental Manis Bukan untuk Anak-Anak Masih Belum Optimal

"Data mengkonfirmasi bahwa polifenol menurunkan respon glikemik dan mungkin bertanggung jawab atas tingkat diabetes yang lebih rendah yang diamati dengan konsumsi teh dan kopi," tambah Dr Peter Clifton, profesor nutrisi di University of South Australia di Adelaide, yang baru-baru ini melakukan tinjauan terhadap peran polifenol makanan.

Adapun senyawa bioaktif utama dalam teh hitam adalah polifenol, antioksidan alami yang berlimpah dalam makanan nabati dan minuman yang dikatakan dapat meningkatkan kesehatan dan melindungi dari berbagai penyakit.

Baca juga : Mengenal Operasi Hybrid untuk Tangani Diseksi Aorta

Satu studi mengamati sifat meningkatkan insulin dari teh dan komponennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hitam meningkatkan aktivitas insulin lebih dari 15 kali lipat.

Dalam studi tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa, selain polifenol, beberapa senyawa lain dalam teh terbukti meningkatkan kadar insulin, khususnya katekin yang disebut epigallocatechin gallate.

Baca juga : Kesulitan Hidup Masa Kecil Jadi Pelecut Sanchez untuk Sukses

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa teh secara signifikan mengurangi peningkatan kadar glukosa darah di antara orang dewasa yang sehat dan pra-diabetes setelah mengonsumsi minuman manis.
(sal)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Studi: Minum Teh Tiap...
Studi: Minum Teh Tiap Hari Kurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke
7 Manfaat Dahsyat Minum...
7 Manfaat Dahsyat Minum Air Lemon, Jahe, dan Kunyit di Pagi Hari
Manfaat Mengejutkan...
Manfaat Mengejutkan Kepala Sapi untuk Kesehatan, Jangan Langsung Dibuang!
10 Manfaat Pisang untuk...
10 Manfaat Pisang untuk Pria, Buah Murah Meriah dengan Segudang Khasiat
7 Fungsi Asam Folat...
7 Fungsi Asam Folat untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Risiko Penyakit Jantung
5 Manfaat Salat Tarawih...
5 Manfaat Salat Tarawih bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan
9 Manfaat Rebusan Daun...
9 Manfaat Rebusan Daun Beluntas, Bantu Kendalikan Kadar Gula Darah
Manfaat Jus Mentimun...
Manfaat Jus Mentimun untuk Turunkan Asam Urat
5 Makanan yang Bisa...
5 Makanan yang Bisa Atasi Stres Akibat Kesepian
Rekomendasi
Hari Ini, Timnas Indonesia...
Hari Ini, Timnas Indonesia vs Australia Berebut Tiket Final di Piala AFF U-19 2026
Oditur Militer: Jika...
Oditur Militer: Jika Kita Bisa Lihat Andrie Yunus, Tuntutan Bisa Lebih Tinggi
Lengkap! Daftar SD dan...
Lengkap! Daftar SD dan SMP Swasta Gratis di Kota Tangerang untuk SPMB 2026
Berita Terkini
Sunan Kalijaga Buka...
Sunan Kalijaga Buka Suara setelah Dituding Tak Profesional oleh Erin Wartia
Sooyoung SNSD dan Jung...
Sooyoung SNSD dan Jung Kyung-ho Putus setelah 14 Tahun Pacaran
Grillz Mawar Biru Jennie...
Grillz Mawar Biru Jennie BLACKPINK Jadi Perbincangan, Ada yang Menyebut Mirip Gigi Berlubang
Cari Tontonan Plot Twist?...
Cari Tontonan Plot Twist? Ini 5 Microdrama V+Short yang Wajib Masuk Watchlist
Video Persalinan Amanda...
Video Persalinan Amanda Manopo dan Baby Zac Viral, Ucapan soal Anak Kedua Curi Perhatian
Solusi Tepat Menghadapi...
Solusi Tepat Menghadapi Situasi Mendadak dalam Perjalanan Bisnis
Infografis
13 Rudal dan Drone Iran...
13 Rudal dan Drone Iran yang Bisa Hancurkan Pangkalan AS
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved