Ingin Rambut Tebal dan Berkilau? Ini Cara Perawatannya dengan Alpukat dan Seledri

Selasa, 16 Februari 2021 - 18:35 WIB
loading...
Ingin Rambut Tebal dan Berkilau? Ini Cara Perawatannya dengan  Alpukat dan Seledri
foto/ dok istimewa
A A A
JAKARTA - Alpukat dan seledri menjadi dua bahan yang dapat dijadikan masker rambut. Kedua bahan alami tersebut memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau dan lebat.

Menurut beauty editor, Grace Gallagher, alpukat memiliki berbagai kandungan seperti asam amino, asam folat, potassium, protein, vitamin A, B6, D, dan E serta diperkaya zat besi. “Alpukat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan, menjaga keindahan alami rambut, serta membuat rambut lebih berkilau,” ujar Gallagher seperti dilansir dari healthline.com.

Baca juga : Mana yang Lebih Sehat, Tidur Pakai Bra atau Tanpa Bra?

Untuk membuat masker alpukat menurut Gallagher ada beberapa hal yang harus disipakan diantaranya satu buah alpukat dan kuning telur. Langkah pertama yakni haluskan alpukat lalu campur dengan satu buah kuning telur yang sudah dikocok lepas sebelumnya.

Kemudian basahi rambut dengan menggunakan air bersih. Lalu usapkan masker alpukat pada permukaan kulit kepala dan rambut secara merata, pijat-pijat secara lembut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. “Setelah itu, cuci rambut seperti biasa. Gunakan shampoo dengan bahan alami yang ramah lingkungan dan minim bahan kimia. Selanjutnya biarkan rambutmu kering dengan sendirinya tanpa menggunakan bantuan hairdryer,” jelas Gallagher.

Baca juga : Cover Lagu yang Sempat Viral di TikTok, Agatha Chelsea Tampil Memukau

Selain alpukat, ternyata seledri juga dapat menumbuhkan rambut lebih cepat dari biasanya.Tumbuhan ini diperkaya kandungan antioksidan, mineral, anti bakteri, dan beberapa vitamin lainnya yang mampu menjaga kesuburan rambut. “Seledri mengandung vitamin A, B, kalsium, dan mineral yang baik untuk kesuburan rambut,” ujar Gallagher.

Cara membuat masker rambut berbahan seledri menurut Gallagher cukup mudah. Pertama siapkan beberapa batang seledri, sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian bersihkan seledri lalu tumbuk hingga halus, atau diblender dengan sedikit air hingga menjadi pasta. “Balurkan pada kulit kepala dan rambut. Kemudian diamkan sekitar 30 menit. Kemudian bersihkan rambut menggunakan shampoo anti rontok Anda,” ujar Gallagher.

Baca juga : Innalillahi... Pendiri Band Cadas Rotor, Irfan Sembiring Dikabarkan Meninggal Dunia

Untuk hasil yang maksimal, Gallagher menyarankan untuk melakukan perawatan menggunakan masker alpukat dan seledri ini secara rutin. Penggunaan masker rambut berbahan alami ini dapat dilakukan minimal seminggu sekali.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)