Berikut Penyebab Terjadinya Batu Ginjal, Apa Saja?

loading...
Berikut Penyebab Terjadinya Batu Ginjal, Apa Saja?
Batu ginjal bisa dipicu oleh berbagai penyebab. Mulai dari volume urine hingga obesitas. Foto/Livehealthily
JAKARTA - Penyakit batu ginjal adalah kondisi ketika terjadi endapan material keras berupa garam dan mineral di dalam ginjal. Ukuran batu ginjal kecil, tapi bisa bertambah besar dari hari ke hari. Dalam beberapa kasus, batu ini menetap di ginjal dan tidak menimbulkan masalah.Tapi ada kemungkinan batu turun ke saluran kemih dan memicu gangguan serius, termasuk tersumbatnya saluran sehingga timbul rasa sakit saat berkemih.

Menurut laporan penelitian yang dimuat di Asian Journal of Urology pada 2018, penyakit batu ginjal adalah salah satu penyakit urologi yang kerap dijumpai di Asia, termasuk di Indonesia. Adapun penderitanya kebanyakan berusia di atas 30 tahun.

Beberapa gejala penyakit batu ginjal antara lain rasa sakit seperti tertusuk di pinggang dan punggung, seringnya menjalar hingga bawah perut dan pangkal paha. Rasa sakit ini kerap datang tiba-tiba, perasaan sangat ingin berkemih, sakit saat berkemih, urine berwarna merah atau gelap karena darah serta mual dan muntah. Pada laki-laki, ada rasa sakit pada ujung penis.

Baca Juga : Bawang Putih dan Jahe Kurangi Risiko Kanker

Berikut adalah beberapa penyebab kondisi batu ginjal seperti dikutip dari laman Primaya Evasari Hospital.



1. Volume Urine Rendah

Penyebab utamanya yaitu volume urine yang rendah mungkin disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, antara lain lantaran asupan minuman yang tidak mencukupi.

2. Pola Makan

Mineral berupa kalsium yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa memicu pembentukan batu ginjal. Jenis kalsium yang menjadi faktor penyebab penyakit batu ginjal adalah oksalat, yang antara lain berasal dari produk kedelai, teh, bayam, cokelat, serta suplemen kalsium.

3. Masalah Usus



Masalah usus tertentu yang menyebabkan diare, seperti penyakit Crohn’s atau kolitis ulseratif dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal kalsium oksalat.

4. Obesitas

Obesitas diyakini dapat memicu perubahan kadar asam dalam urine hingga menyebabkan pembentukan batu ginjal.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top