Bisa Jadi Pengganti Nasi, Karbohidrat pada Makanan Ini Lebih Sehat Dikonsumsi

Jum'at, 05 Maret 2021 - 05:10 WIB
loading...
Bisa Jadi Pengganti Nasi, Karbohidrat pada Makanan Ini Lebih Sehat Dikonsumsi
Mangga dan Pisang mengandung karbohidrat yang bisa menjadi makanan alternatif pengganti nasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh Anda, jika anda sedang olahraga, asupan penuh karbohidrat juga sangat anda butuhkan.
Pedoman gizi di Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengonsumsi 45 hingga 65 persen kalori harian Anda dari karbohidrat.

Jadi jika Anda makan sekitar 2.000 kalori per hari, 900 hingga 1.300 kalori (atau 225 dan 325 gram) harus berasal dari karbohidrat. Tidak harus dari nasi dan roti, karbohidrat juga bisa didapatkan dari sumber makanan lain. Berikut beberapa alternatif karbohidrat yang dapat Anda lengkapi dalam menu harian seperti dilansir Times of India.

Baca Juga : Waspada! 25% Prediabetes Berisiko Alami Diabetes Melitus 3-5 Tahun Mendatang

1. Kurma

Buah kurma kaya akan gula, yang menjadikannya sumber karbohidrat kompleks yang baik. Hanya makan dua kurma, Anda sudah mendapatkan 33 gram karbohidrat sehat dan 4 gram serat (14 persen dari nilai harian Anda). Kurma mengandung serat tidak larut sehingga dapat membantu meringankan sembelit.

2. Mangga

Buah tropis ini tidak hanya favorit sebagai makanan penutup, tetapi 1 porsi potongan mangga memiliki lebih dari kecukupan 100 persen vitamin C harian Anda, 25 gram karbohidrat, dan lebih dari 1/3 vitamin A harian Anda hanya dengan 100 kalori. Kendalanya adalah mangga bersifat musiman, jadi Anda mungkin sulit mencarinya pada musim tertentu.

Baca Juga : Tiba-Tiba Tak Bisa Jalan, Putra Zaskia Adya Mecca Idap Selulitis

3. Wortel

Sayuran ini juga merupakan karbohidrat sehat yang bisa dimakan. Tiga wortel besar memberikan sekitar 20 gram karbohidrat, ditambah lebih dari 100 persen vitamin A harian Anda dan 15 persen kebutuhan kalium harian orang dewasa. Jika Anda suka membuat jus, nutrisi dalam jus wortel juga bagus untuk mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)