Manfaat Bekam untuk Kesehatan dan Risikonya

loading...
Manfaat Bekam untuk Kesehatan dan Risikonya
Aktor Dwayne The Rock Johnson mengunggah foto dirinya usai menjalani terapi bekam. Foto/Instagram The Rock
JAKARTA - Bekam menjadi pengobatan alternatif yang populer tidak hanya di kalangan masyarakat biasa, tapi juga selebriti. Aktor dan mantan VJ Bani J, Varun Dhawan, dan belakangan ini aktor Hollywood Dwayne Johnson diketahui telah menjalani terapi bekam agar lebih sehat.

Bekam adalah salah satu jenis terapi alternatif yang berasal dari China. Terapi ini melibatkan menempatkan cangkir pada kulit untuk membuat penyedotan. Bekam dipercaya dapat membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kacang Hijau, Kurangi Tekanan Darah Hingga Cegah Kanker

Bekam dikenal sebagai salah satu cara tertua dan paling efektif untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Diketahui bekam juga bisa menciptakan keseimbangan antara negatif dan positif, yin dan yang.

Melansir laman Times Now News, terapi bekam bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, membantu meningkatkan aliran darah, dan metode pengobatan yang tidak mahal. Bekam juga bisa membantu merilekskan tubuh maupun pikiran.



Bekam bisa menyembuhkan dan memperkuat sistem kekebalan. Di sisi lain, bekam juga dapat membantu mengobati kelainan darah, mengurangi risiko migrain, depresi, dan kecemasan.

Meskipun bekam diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, sisi negatifnya adalah terapi ini memiliki beberapa risiko. Di antaranya merasa pusing setelah terapi, jaringan parut kulit, memar, dan risiko infeksi jika kebersihan tidak dijaga.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top