Ingin Daya Tahan Tubuh Si Kecil Kuat? Ini Caranya Jaga Pencernaan dan Pola Makan Sehat

Jum'at, 12 Maret 2021 - 17:05 WIB
loading...
Ingin Daya Tahan Tubuh Si Kecil Kuat? Ini Caranya Jaga Pencernaan dan Pola Makan Sehat
foto/ dok istimewa
A A A
JAKARTA - Menjaga daya tahan tubuh Anak menjadi prioritas utama yang harus dilakukan para orang tua pada masa pandemi COVID-19 ini. Imunitas yang kuat akan melindungi Si Kecil dari paparan berbagai sumber penyakit, termasuk virus Corona.

Menurut Peta Sebaran COVID-19 di Indonesia, jumlah anak yang terinfeksi COVID-19 merupakan yang tertinggi di Asia. Hingga 9 Maret 2021, 2,8% dari total kasus positif COVID-19 atau sejumlah 38.823 menimpa anak usia 0-5 tahun dan pada kategori usia 6-18 tahun mencapai 9,3% atau 128.949 anak.

Baca juga : Konsep Baru, Brand Streetwear Ini Percaya Diri Buka Toko di Plaza Indonesia

Pandemi ini pun telah merenggut nyawa 300 anak usia 0-5 tahun atau 0.8% dari total kasus kematian karena COVID-19 dan 488 anak usia 6-18 tahun atau 1,3% dari total kasus kematian. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh anak adalah dengan memperhatikan saluran pencernaannya.

Head of Medical KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, menegaskan pemahaman tentang keterkaitan antara imunitas dengan sistem pencernaan pada anak. “Jika fungsi pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka penyerapan nutrisi akan turut berkurang, sehingga mengganggu daya tahan tubuh, dan penyakit akan mudah menyerang. Sebaliknya, ketika saluran pencernaan dalam keadaan sehat, anak dapat menyerap nutrisi makro dan mikro lebih maksimal. Tentu hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh yang optimal,” papar dr Muliaman, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Ini Skincare Untuk Kulit Wajah Lebih Bening yang Terinspirasi dari Enzim Science

Ia menjelaskan, setiap individu terutama ajak harus memenuhi nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral). Nutrisi-nutrisi ini diperlukan agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuh manusia dapat berjalan dengan optimal, seperti proses ekskresi dan sekresi, pembentukan sel- sel baru, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

“Nutrisi harian ini berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan anak. Para orangtua sangat dianjurkan memenuhi nutrisi harian yang baik dan seimbang karena sistem pencernaan membentuk 70 persen sel‐sel imunitas tubuh dan mempengaruhi kualitas kesehatan anak secara menyeluruh,” ucap dr. Muliaman.

Baca juga : Dulu Berpenampilan Ambigu, Kini Aprilia Manganang Bergaya Fashion Macho dan Tampan

Selain itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, Ibu juga bisa memberikan kepada makanan atau minuman berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan guna memperkuat daya tahan tubuh anak.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)