Konsumsi 5 Herba Ini, Dipercaya Bisa Atasi Diabetes

Minggu, 14 Maret 2021 - 07:38 WIB
loading...
Konsumsi 5 Herba Ini, Dipercaya Bisa Atasi Diabetes
Sejumlah tanaman herba dipercaya bisa mengatasi diabetes. Foto: Ilustrasi/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Diabetes bisa memicu sejumlah penyakit kronis, sehingga sangat berbahaya bagi penderitanya. Sebanyak 50,1% penyandang diabetes atau diabetesi tidak terdiagnosis, sehingga menjadikan status diabetes sebagai silent killer yang masih menghantui dunia.

Ada bebecara cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengatasi diabetes . Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tanaman obat dipercaya bisa untuk atasi diabetes .

1. Jahe
Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Ethnic Foods tahun 2015 mengatakan jahe ternyata juga mampu menurunkan gula darah tanpa memengaruhi kadar insulin di dalam tubuh.



2. Pare
Pare diyakini memiliki kandungan yang dapat membantu mengendalikan penyakit diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, pare dapat membantu penderita diabetes menurunkan dosis obat yang dikonsumsinya setiap hari.

3. Lidah Buaya
Sebuah penelitian mengungkapkan penggunaan lidah buaya pada hewan dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Kondisi tersebut karena adanya kandungan antioksidan di dalam lidah buaya.

4. Kayu Manis
Beberapa penelitian mengungkap bahwa kayu manis diyakini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol tinggi hingga mengoptimalkan sensitivitas insulin.

5. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dianggap sebagai obat alami untuk mengendalikan gula darah. Dengan mengonsumsi kunyit, kadar gula pengidap diabetes bisa turun hampir 18% setelah mengonsumsi 300mg kunyit dalam bentuk obat herbal per hari.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)