5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Pisang Merah

Sabtu, 20 Maret 2021 - 17:20 WIB
loading...
5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Pisang Merah
5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Pisang Merah. Foto/Boldsky.
A A A
JAKARTA - Pisang merah semakin populer belakangan ini karena nilai gizinya yang tinggi dibandingkan dengan pisang kuning dan hijau. Studi menyebutkan bahwa pisang merah lebih unggul dari jenis pisang sebelumnya karena mengandung beta karoten dan vitamin C yang lebih tinggi daripada pisang biasa.

Pisang merah juga merupakan sumber antioksidan alami lainnya seperti gallocatechin gallate, dopamine, L-dopa dan catecholamines. Variasi pisang yang luar biasa ini kaya akan serat makanan dan menyediakan sekitar 16% dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari.

Berikut lima manfaat kesehatan luar biasa dari pisang merah dilansir dari Boldsky, Sabtu (20/3).



1. Meningkatkan kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dopamin pada pisang merah adalah 54 mcg per gram dibandingkan dengan pisang kuning 42 mcg per gram dan pisang raja 5,5 mcg per gram. Dopamin adalah neurotransmitter penting yang membantu meningkatkan suasana hati dan stabilitas emosional. Ini juga dapat membantu mencegah risiko penyakit neurodegeneratif seperti parkinson dalam jangka panjang.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Fitosterol dalam pisang merah banyak ditemukan. Mereka adalah sterol tumbuhan alami dengan struktur yang mirip dengan kolesterol. Mereka membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dengan cara diserap di usus menggantikan sebelumnya. Daging dan kulit pisang merah kaya akan fitosterol.

3. Mencegah batu ginjal

Kalium dikaitkan dengan penurunan risiko batu ginjal. Pisang merah mengandung kalium tinggi sehingga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal . Makan pisang merah secara rutin bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi risiko batu ginjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)