Padang Creative Space Diharapkan Jadi Garda Terdepan Kebangkitan Ekraf

loading...
Padang Creative Space Diharapkan Jadi Garda Terdepan Kebangkitan Ekraf
Total para pelaku ekraf di Kota Padang saat ini berjumlah 1.968 orang yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kota Padang.
PADANG - Kota Padang memiliki sangat banyak pelaku industri ekonomi kreatif (ekraf) . Total pelaku ekraf di Kota Padang saat ini berjumlah 1.968 orang yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kota Padang.

Baca juga: Para Suami, Catat Ini Cara Agar Tidak Loyo Ketika Hubungan Seks

Demikian sebagaimana disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang , Hendri Septa saat menjadi narasumber "Padang Creative Talk Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno", Senin malam (22/3).

Kegiatan yang dilakukan secara virtual itu mengangkat tema "Membangkitkan Parekraf di Masa Pandemi Covid-19". Plt Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arfian mengikuti dari Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang.



Hendri merincikan, sebanyak 1.968 para pelaku usaha kreatif paling banyak berada di Kecamatan Koto Tangah sebesar 16 persen, Kuranji 13,8 persen dan Kecamatan Padang Barat 11,9 persen.

"Dari 1.968 para pelaku ekraf ada 258 subsektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19 di antaranya berada di sektor kuliner, kriya atau kerajinan tangan, seni pertunjukan, periklanan, desain komunikasi visual, film dan video fotografi, penerbitan dan percetakan, radio dan televisi, komputer dan perangkat lunak," ungkap Hendri.

Hendri melanjutkan, sektor unggulan ekraf di Kota Padang di antaranya seni pertunjukan, seni kerajinan atau seni kriya, film animasi, video serta fotografi. Kemudian sektor ekraf yang berpotensi dikembangkan berupa seni rupa, desain komunikasi visual, tekstur, penerbitan, televisi dan radio, aplikasi dan game, desain interior, musik, dan desain produk.



"Strategi untuk pengembangan ekraf ini ke depan adalah bagaimana memperkuat konsep pembangunan pentahelix, di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan ekraf di Kota Padang," kata Plt Wako.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top