Cara Menyimpan Masker dengan Aman dan Tepat, Ini Tipsnya!

Rabu, 31 Maret 2021 - 16:50 WIB
loading...
Cara Menyimpan Masker dengan Aman dan Tepat, Ini Tipsnya!
Agar penggunaan masker lebih efekti, selain cara pakai perhatikan juga cara menyimpan masker yang benar. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menggunakan masker menjadi salah satu kebiasaan yang sangat efekif untuk memutus rantai penularan Covid-19 . Semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia, masker sebagai alat perlindungan menjadi barang penting dan wajib untuk dipakai saat beraktivitas di luar rumah. Baik itu masker kain, masker bedah (medis), ataupun masker non-medis.

Tapi sayangnya, meski pemakaian masker sekarang sudah jadi kewajiban begitu kita keluar rumah. Namun, tak ditampik masih ada sebagian orang yang tidak memahami bagaimana cara menyimpan masker dengan aman dan tepat.

Menyimpan masker tak boleh dilakukan sembarangan, jika dilakukan asal-asalan, masker yang bersih bisa menjadi kotor dan terkontaminasi. Sehingga akhirnya fungsi awalnya untuk melindungi dari paparan droplet pembawa virus corona bisa hilang.

Baca Juga : WHO Sebut Virus Corona Berasal dari Hewan, Bukan Laboratorium

Lalu bagaimana cara menyimpan masker dengan tepat? Mengutip CDC, Rabu (31/3/2021) sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, penyimpanan masker yang tepat dipisahkan dalam dua kategori, pertama untuk masker yang sudah basah atau kotor. Lalu yang kedua adalah untuk masker yang tidak basah dan tidak kotor alias bersih.

Cara pertama untuk masker yang sudah basah, maka artinya masker tersebut sudah kotor. Baik basah terkena keringat, air liur, riasan, atau cairan atau zat lain. Maka simpan masker basah tersebut di dalam kantong plastik tertutup sampai Anda tiba di rumah dan bisa mencucinya. Cuci masker basah atau kotor sesegera mungkin agar tidak berjamur, perlu diketahui bahwasanya masker basah itu sulit untuk dihirup dan kurang efektif untuk dipakai melindungi diri.

Cara selanjutnya, untuk penyimpanan masker yang kering dan masker yang bersih, maka harus disiapkan kantung bersih, contohnya paper bag sebagai wadah. Anda bisa menyimpan masker sementara untuk digunakan kembali nanti. Lepaskan masker dengan benar dan langsung cuci tangan setelah menyentuh masker bekas. Simpan di dalam kantong kering dan bernapas (seperti kantong kertas atau kain jaring) agar tetap bersih di sela-sela penggunaan. Saat masker digunakan kembali, pertahankan sisi yang sama menghadap ke bagian luar.

Baca Juga : Antisipasi Lonjakan Baru, Kaum Muda Perlu Mengenal Kanker Payudara

Jika melepas masker untuk makan atau minum saat berada di luar rumah, masker bisa diletakkan di tempat yang aman untuk menjaganya tetap bersih. Contohnya seperti saku, kantong kertas, atau saat ini sudah banyak tersedia pouch mini khusus masker.

Pastikan untuk mencuci atau membersihkan tangan setelah melepas masker. Setelah makan, kenakan kembali masker dengan sisi yang sama menghadap ke luar. Pastikan untuk mencuci atau mensterilkan tangan kita lagi setelah kembali memakai masker.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)