Mengandung Darah Manusia, Nike Menggugat Sepatu Setan yang Dibandrol Harga Rp14 Juta

Rabu, 31 Maret 2021 - 20:35 WIB
loading...
Mengandung Darah Manusia, Nike Menggugat Sepatu Setan yang Dibandrol  Harga Rp14 Juta
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Nike menggugat MSCHF Product Studio Inc, produsen ' sepatu setan ' hasil kolaborasi dengan penyanyi rap (rapper) Lil Nas X. Sepatu ini menuai kontroversi karena mengandung darah manusia dan menampilkan simbol-simbol satanisme.

MSCHF bersama Lil Nas X telah merilis Satan Shoes atau 'sepatu setan' sebanyak 666 pasang. Dari tampak visual, sepatu tersebut seperti hasil modifikasi Nike Air Max 97 lengkap dengan lambang khas Nike dengan aksen pentragram perunggu.

Baca juga : Awet Muda Meski Berusia 48 Tahun, Yuni Shara Dibilang Mirip Amanda Manopo

Hal yang menjadi kontroversi, sepatu yang didominasi warna hitam dan merah tersebut mengandung setetes darah manusia di bagian tengah sol yang berwarna merah. Diperkirakan terdapat 2,03 ons tinta merah bercampur dengan setetes darah manusia asli. Diketahui, MSCHF mengumpulkan darah tersebut selama seminggu dari tim kreatifnya.

Selain itu, sepatu ini juga menampilkan gambar pentagram perunggu, serta salib terbalik yang jadi perlambang setan. Pentagram sendiri identik dengan dunia sihir. Bintang berujung lima ini juga sering dikaitkan dengan gerakan illuminati.
Sepatu itu dipasarkan bersamaan dengan rilis lagu terbaru Lil Nas X dengan Montero berjudul Call Me By Your Name yang juga mengundang kontroversi.

Baca juga : SHINee Umumkan Comeback dengan Album Repackaged, Atlantis

Sepasang sepatu "Satanic" dijual seharga USD1.018 atau Rp14,7 juta.Nike pun menggugat MSCHF atas pemasaran sepatu tersebut karena menggunakan lambang dan model yang serupa dengan sepatu hasil produksi perusahaan. Dalam gugatannya, Nike meminta MSCHF untuk menyetop penjualan sepatu setan permanen. Sebab, ada penurunan kepercayaan dari konsumen terhadap Nike setelah beredarnya sepatu yang dianggap mendukung aliran satanisme.

"MSCHF dan sepatu setannya yang tidak resmi kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan dan menciptakan hubungan yang salah antara produk MSCHF dengan Nike. Kami tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF. Nike tidak merancang atau melepaskan sepatu ini (ke pasar) dan kami tidak mendukungnya,"ungkap manajemen Nike seperti dilansir dari nytimes.com.

Baca juga : Mewah! Putri Anne Gunakan Outfit Rp 74 Juta ke Mall

Sebagai respon dari penolakan karya sepatunya, Lil Nas X mengupload video ke akun YouTube resminya berjudul "Lil Nas X Apologize for Satan Shoes". Permintaan maafnya juga terdapat dalam video musik barunya Montero (Call Me By Your Name).
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)