Mengenal Kista Seperti yang Diidap Aurel Hermansyah

Rabu, 07 April 2021 - 23:10 WIB
loading...
Mengenal Kista Seperti yang Diidap Aurel Hermansyah
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Aurel Hermansyah didiagnosa memiliki kista di rahimnya . Hal ini diketahui ketika ia menjalani pemeriksaan kesetahan ke dokter kandungan bersama sang bunda, Ashanty . Beruntungnya, kista yang diidap Aurel merupakan kista hormonal .

Ini terbukti dari pemeriksaan kesehatan selanjutnya yang dilakukan Aurel bersama sang suami, Atta Halilintar . Dari postingan Instagram Story Atta, diketahui kista yang diidap istrinya itu sudah hilang dan pasangan ini siap menjalani program kehamilan.

Dilansir dari Health Line, Rabu (7/4) kista merupakan kantung dari jaringan membran yang berisi cairan, udara, atau zat lain. Kista dapat tumbuh hampir di mana saja di tubuh atau di bawah kulit. Ada banyak jenis kista. Kebanyakan kista bersifat jinak, atau non-kanker.



Jika kantung berisi nanah, kista terinfeksi dan akan berubah menjadi abses. Adapun beberapa penyebab umum kista meliputi tumor, kondisi genetik, kesalahan pada organ embrio yang sedang berkembang, cacat pada sel, kondisi peradangan kronis dan penyumbatan saluran di tubuh yang menyebabkan penumpukan cairan.

Parasit dan cedera juga bisa menjadi penyebab umum kista. Dalam kebanyakan kasus, kista tidak biasa menyebabkan rasa sakit kecuali jika pecah, terinfeksi, atau meradang. Sementara itu, tanda dan gejala kista akan sangat bervariasi tergantung pada jenis kista.

Dilansir dari Medial News Today, dalam banyak kasus, seseorang pertama kali menyadari adanya benjolan yang tidak normal, terutama ketika kista berada tepat di bawah kulit. Banyak kista internal, seperti yang terjadi di ginjal atau hati, mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali.



Kista tidak terlihat sampai pemindaian pencitraan seperti MRI, CT, atau pemindaian ultrasound untuk mendeteksinya. Jika kista berkembang di otak, dapat menyebabkan sakit kepala dan gejala lainnya. Sementara, kista payudara juga bisa menyebabkan nyeri. Sedangkan, jenis kista sangat beragam.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)