Hindari Stres Kehilangan Kerja di Tengah Pendemi, Ini Bisa Dilakukan

Minggu, 19 April 2020 - 08:47 WIB
loading...
Hindari Stres Kehilangan Kerja di Tengah Pendemi, Ini Bisa Dilakukan
Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghindari stres saat kehilangan pekerjaan di tengah Pendemi Coronavirus. Foto: Boldsky
A A A
MAKASSAR - Dampak Coronavirus Disease (COVID-19) pada perekonomian, menyebabkan banyaknya karywan yang di PHK hingga kehilangan pekerjaan di seluruh dunia.

Baik itu perusahaan kecil atau pun besar tidak punya pilihan selain memberhentikan karyawan karena gangguan ekonomi tersebut.
Kehilangan pekerjaan bisa sangat menegangkan sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri, rasa aman, dan kehilangan identitas profesional.

Wajar jika kehilangan pekerjaan tersebut bisa membuat marah, terluka, atau tertekan, cemas tentang apa yang akan terjadi di masa depan hingga bisa menyebabkan stres.

Dengan waktu dan metode penanganan yang benar, hal ini dapat mengatasi dan mengurangi stres dan kecemasan. Berikut cara-cara mengelola stres akibat kehilangan pekerjaan yang dilansir dari Blodsky.

1. Kendalikan emosi Anda.

Anda harus memberi diri waktu untuk memahami mengapa itu terjadi dan bagaimana Anda bisa keluar dari situasi tersebut segera.

Jika PHK itu tidak terduga, Anda mungkin merasa kesal, kaget, dan kecewa dengan situasinya. Jika itu diharapkan Anda mungkin merasa bingung dan tidak yakin tentang masa depan.

Dalam hal ini, Anda mungkin mengalami banyak hal secara emosional, jadi berbicaralah dengan teman, keluarga, dan rekan kerja yang dekat dengan Anda karena ini akan membantu menenangkan Anda dan merasa tidak terlalu cemas.

2. Jangan malu

Tidak ada hal yang perlu dipermalukan jika Anda kehilangan pekerjaan, ingatlah bahwa Anda akan menemukan yang lain segera setelah situasinya menjadi normal.

Perlu diingat bahwa kehilangan pekerjaan bukan masalah kegagalan pribadi, tetapi karena pengurangan di perusahaan.

3. Berkomunikasi secara terbuka dengan orang-orang dekat.

Jaga komunikasi Anda tetap terbuka dengan pasangan, dan anak-anak Anda, ini akan membantu Anda mendapatkan dukungan dari orang-orang paling penting dalam hidup Anda.

Mereka akan membantu Anda mengatasi situasi krisis dan memberi Anda ide tentang bagaimana melewati masa sulit ini.

4. Ingatlah bahwa kehilangan pekerjaan itu bersifat sementara.

Kehilangan pekerjaan tidak permanen dan Anda tahu bahwa Anda akan keluar dari ini dan bergerak maju dalam karier Anda.

Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain dan berpikir positif dengan percaya pada diri sendiri.

5. Hindari pikiran negatif.

Luangkan waktu bersama orang-orang yang percaya pada Anda dan masa depan Anda dan yang akan mengangkat Anda secara positif.
Hindari berbicara dengan orang negatif, karena hal ini dapat merusak kesehatan mental Anda yang mengarah pada stres, kecemasan, dan ketakutan.

Sebaliknya, berbicaralah kepada mereka yang memberi Anda ide dan saran yang membangun.

6. Hadapi rasa takut

Kurangi kecemasan dan ketakutan Anda dengan memikirkan sejenak apa yang paling Anda takuti dan mulailah mengatasinya untuk mengatasi rasa takut.

Khawatir akan kehilangan pekerjaan hanya akan membuat Anda jatuh. Bicaralah dengan keluarga atau teman Anda tentang ketakutan Anda sehingga Anda bisa keluar darinya.

7. Jaga kesehatan Anda

Untuk menghilangkan stres, kegelisahan dan ketakutan tidur, olahraga, rileks dan makan makanan yang seimbang.

Gunakan waktu ekstra Anda untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang tidak dapat Anda lakukan karena giliran kerja Anda. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia.

Berfokuslah pada makanan bergizi agar Anda tetap sehat dan hindari mengonsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya karena akan menurunkan kesehatan Anda.

Cobalah melakukan beberapa latihan seperti latihan beban, berjalan, berlari, berenang atau menari untuk membuat Anda tetap aktif secara fisik.

8. Menulis tentang perasaan

Ambil buku catatan dan tuliskan semua yang Anda rasakan tentang PHK, ini dapat mencakup hal-hal yang Anda harapkan telah dilakukan atau dikatakan kepada mantan manajer Anda. Menurunkan perasaan Anda akan sedikit menurunkan stres Anda.

9. Jangan putus asa

Berharap bahwa di bulan-bulan mendatang ketika semuanya menjadi normal, pekerjaan di luar akan meningkat dan Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bangkit kembali.

Memiliki harapan bahwa Anda akan bangkit dan bersinar lagi dalam karier Anda dan Anda akan memiliki prospek pekerjaan yang lebih baik. Jangan menilai kemampuan Anda sendiri.

10. Dapatkan bantuan profesional

saat dibutuhkan Jika Anda merasa sangat sedih, cemas dan tertekan, yang mengganggu kehidupan normal Anda, cari bantuan profesional kesehatan mental.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)