Tiwi Eks T2 Lahirkan Anak Kedua dengan Metode Gentle Birth, Apa Itu?

Rabu, 14 April 2021 - 14:52 WIB
loading...
Tiwi Eks T2 Lahirkan Anak Kedua dengan Metode Gentle Birth, Apa Itu?
Prastiwi Dwiar alias Tiwi eks T2 bersama bayi yang baru dilahirkannya. Foto/IG @tentangtiwi
A A A
JAKARTA - Penyanyi Tiwi Prastiwi Dwiar atau terkenal sebagai Tiwi eks T2 menceritakan perjuangannya melahirkan anak kedua dengan metode gentle birth. Mantan personel duo T2 ini mengaku, harus menahan rasa sakit selama 36 jam sebelum akhirnya melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan yang dinamai ‘Aleia Abista Rahman’.

Kisah perjuangan Tiwi melahirkan dengan metode gentle birth itu dituangkannya di media sosial Instagram.



“Perjuangan selama 36 jam, dari mulai perut super kenceng tgl 9 malam.. dengan observasi dirumah, latihan2 yoga dirumah seinget dan sebisa nya, ga bisa tdur krn selalu dpt kejutan kecil yg selalu bikin tersentak kebangun. Sampe akhirnya tgl 10 April kemarin, muncul flek dr yg dikit sampe gede..,” kata Tiwi, seperti dikutip dari Instagramnya, Rabu (14/4).

Tiwi mengatakan, proses persalinan kali ini berbeda dengan saat melahirkan anak pertama yang menggunakan bius epidural.

“Mengingat kata org2.. ‘Tenang ajaaa.. anak kedua lebih gampang dan cepet kok. Okeeyyy afirmasi yg sangat positif yaa utk aku yg lahiran anak pertama menggunakan Epidural, sedangkan di Tembuni bener2 Gentle Birth,” tulisnya di keterangan foto.

Lantas, apa itu metode gentle birth dan apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan proses persalinan tersebut?

Gentle birth merupakan suatu proses melahirkan yang tenang dan damai sehingga rasa sakit ibu saat melahirkan bisa lebih berkurang. Melansir laman Made For Mums, metode gentle birth telah dikembangkan pertama kali oleh dokter kandungan Dr Gowri Motha pada tahun 1980-an.

“Saya sangat yakin bahwa bayi tahu bagaimana cara dilahirkan dan terserah pada ibu untuk mempersiapkan dan membuat tubuhnya rileks,” kata Dr Motha.

Dia mengatakan, sebelum melahirkan dengan metode tersebut, calon ibu harus memiliki fisik atau tubuh yang bugar, lentur untuk persalinan, percaya diri, terkendali secara emosional, serta mampu memahami bagaimana mengelola tuntutan persalinan dan kelahiran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)