5 Cara Bangkitkan Semangat WFH di Bulan Puasa

loading...
5 Cara Bangkitkan Semangat WFH di Bulan Puasa
Foto Ilustrasi/Forbes
JAKARTA - Berpuasa di tengah pandemi COVID-19 menjadi sebuah tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang harus berpuasa sembari melaksanakan kewajiban work from home (WFH).

Tidak perlu berkecil hati. Jika dilakukan dengan hati gembira, Anda masih tetap bisa fokus bekerja meski dalam kondisi menahan lapar dan hawa nafsu.

Baca Juga: Saat Buka Puasa, Hindari 3 Kombinasi Makanan Ini!

Nah, pada artikel kali ini, telah dirangkum lima cara ampuh untuk membangkitkan suasana hati (mood) saat WFH di bulan puasa . Berikut ulasannya.

1. Mandi Pagi



Ingat, WFH bukan berarti Anda boleh bermalas-malasan di rumah. Jadi lakukan aktivitas yang biasanya Anda lakukan saat harus ke kantor. Setelah bangun tidur, sebaiknya segera mandi agar tubuh terasa lebih segar.

Menurut beberapa penelitian, mandi setelah bangun tidur sangat ampuh membuat perasaan lebih semangat. Dengan demikian Anda memiliki mindset untuk bersemangat saat bekerja. Bila tidak terbiasa mandi pagi, coba mulai terapkan kebiasaan ini.

2. Sempatkan Olahraga

Meski dalam kondisi berpuasa, tak ada salahnya Anda melakukan olahraga kecil atau mini workout di rumah. Bisa dimulai dengan push-up, sit up, atau jogging ala-ala di atas treadmill. Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga tak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga melepaskan hormon bahagia (dopamin) ke dalam otak.

3. Kenakan Pakaian Terbaik



Jangan sungkan memakai pakaian terbaik atau favorit Anda karena dapat membuat suasana hati menjadi lebih riang dan gembira. Selain itu, pilihlah pakaian atau busana yang nyaman disesuaikan dengan suhu di sekitar rumah. Buat kaum hawa, tidak ada yang keberatan loh bila Anda ingin memoles wajah dengan makeup. Justru akan menjadi nilai tambah saat Anda harus melakukan teleconference dengan rekan kerja atau klien.

4. Atur Tempat Kerja

Setiap orang mungkin bisa kuat dengan godaan apapun, namun tidak dengan godaan kasur. Apalagi buat mereka yang termasuk dalam kategori pelor alias nempel molor. Jadi, sebaiknya Anda menghindari kerja di kasur sekalipun punya folding table. Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin bekerjalah di meja. Biar tidak males-malesan!

Baca Juga: Walau Sibuk Syuting, Ikbal Fauzi Ingin Khatam Alquran Ramadhan Ini

5. Jangan Lupa Istirahat

Semangat boleh, tapi jangan lupa istirahat. Tentukan waktu istirahat untuk rehat sejenak dari tuntutan pekerjaan. Berhubung lagi puasa, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan cara tidur siang selama kurang lebih 15-20 menit. Cara ini sangat ampuh untuk memberikan tubuh energi tambahan, sehingga Anda masih bisa tetap fokus bekerja hingga menjelang momen berbuka puasa.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top