Anak-anak Muda Ini Ajak Masyarakat Produksi Disinfektan Sendiri

Senin, 13 April 2020 - 12:21 WIB
loading...
Anak-anak Muda Ini Ajak Masyarakat Produksi Disinfektan Sendiri
Anggota karang taruna mendistribusikan cairan disinfektan kepada masyarkat di Probolinggo.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Semangat gotong royong warga untuk membentengi penyebaran virus corona makin kuat. Ini ditunjukkan Karang Taruna (Kartar) Desa Laweyan, Kecamatan Sumber Asih Probolinggo.

Perkumpulan anak muda ini membuat cairan disinfektan sendiri sesuai dengan prosedur ramah kesehatan bagi manusia. Selanjutnya, cairan tersebut dibagi-bagikan kepada warga Laweyan bersama ratusan botol penyemprot.

Menurut Ketua Kartar Laweyan Imam Hanafi, pihaknya membagikan cairan disinfektan untuk menangkal penyebaran virus corona. "Kami buat sendiri disinfektannya sesuai prosedur ramah kesehatan, dan akan kami bagikan kepada warga," kata Imam, dalam rilis yag diterima sindonews.com, Senin (13/4/2020).

Kartar yang menjadi bagian Heppiii Community tersebut juga akan memberikan botol semprotan gratis kepada warga agar mandiri menyemprotkan cairan ke tempat yang diperlukan.

"Kalau cuma dilakukan penyemprotan massal mungkin kurang maksimal karena hanya sekali dalam beberapa hari, tapi kalau kami bagikan alat semprotnya yang sudah diisi dan ditambah satu botol cairan, mereka bisa menyemprot sendiri minimal satu hari sekali," urainya.

Menurutnya, jumlah cairan disinfektan yang akan diberikan sebanyak 2,5 liter. "Jadi kami akan berikan yang botolan isi cairan 1,5 liter, kemudian yang botol semprotan ada isi 1 liter," paparnya.

Cairan disinfektan dibagikan untuk membantu warga lebih efektif dalam melakukan perlindungan terhadap keluarganya di rumah, karena mereka yang paling memahami kegiatan kesehariannya.

"Jadi nanti cairannya kalau habis bisa mengambil secara gratis ke karang taruna atau bisa menghubungi anggota karang taruna kapanpun kalau masyarakat membutuhkan. Kami siap melayani 24 jam tanpa ada biaya," urainya yang kesehariannya bekerja di puskesmas ini.

Program kartar membagikan cairan dan penyemprot disinfektan ini adalah hasil kerjasama karta dengan program Heppiii Community Probolinggo yang aktif mendukung karta berperan aktif membangung desa. Di mana dalam kesempatan ini, fokus kegiatan adalah berperan aktif dalam gerakan penanggulangan pencegahan virus corona di tingkat desa.

Heppiii Community ini selalu mendorong kartar untuk selain aktif dalam pemberdayaan potensi desa juga aktif mendukung program pemerintahan desa. "Seperti halnya penyediaan fasilitas cairan disinfektan kaitannya dengan pencegahan corona," ungkapnya.

Koordinator Heppiii Community Febry Suryanto mengapresiasi kegiatan karta yang masuk dalam komunitasnya ini. "Saya selaku koordinator Heppiii Community turut mengapresiasi karta yang telah ikut menangkal corona dimulai dari desanya masing-masing. Diharapkan aksi gotong royong seperti ini juga bisa tertular ke desa-desa lain," harapnya
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)