Ini yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Pondasi Rumah yang Kuat

Sabtu, 17 April 2021 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Untuk material semen, Anda bisa menggunakan Semen Gresik. Semen Gresik yang memang diproduksi menggunakan bahan baku terpilih sehingga mampu memperkuat konstruksi bangunan. Kualitasnya premium. Selain ramah lingkungan, Semen Gresik Kuat tekan awal lebih tinggi, Lebih cepat kering, Tahan retak, Lebih mudah digunakan, Hasil lebih halus. Semen Gresik juga sudah melalui proses uji coba Sistem Manajemen ISO 14001.

4. Tata Kerangka Besi
Setelah penggalian selesai maka kerangka besi dan kawat bisa ditata terlebih. Setelah itu ditimbun dengan semen cor lalu diiringi dengan penataan batuan putih dan adonan pasir semen hingga ketinggian mencapai 50-an cm.

5. Lakukan Penggalian
Setelah itu, lakukan penggalian dengan kedalaman pondasi untuk rumah sederhana cukup sedalam 40-50 cm, dan lebar sekitar 30-40 cm. Ini untuk tanah bertekstur keras. Namun jika tanah bertekstur lembut, maka penggalian harus lebih dalam.

6. Memasang Batu dan Bata
Setelah selesai menggali, saatnya memasang pondasi dengan batu kali atau batu bata merah. Pemasangan batu bata untuk pondasi harus disesuaikan dengan titik atau benang yang telah ditentukan pada bowplank. Biasanya dengan ukuran kedalaman di atas dipasang batu setinggi 4 lapis bata merah.
Ini yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Pondasi Rumah yang Kuat

7. Memasang Besi Tiang
Jika telah selesai memasang seluruh bata, maka dilanjutkan dengan memasang besi yang telah dianyam dengan kawat ikat. Masing-masing ujung besi harus dibengkokkan dan dikaitkan dengan besi pondasi pelat atau tiang kolom.

8. Memasang Bekisting
Langkah selanjutnya adalah menambahkan begisting untuk sloof dengan menggunakan papan berukuran 400 cm x 20 cm x 2 cm. Pemasangan harus rapi dan kuat, sehingga tidak rusak atau jebol akibat tekanan adukan cor saat pengecoran sloof.

Pada saat melakukan pengecoran sloof, permukaan bagian atas harus rata, rapi dan sejajar dengan papan bekisting. Besi harus tertutup adukan cor, sehingga air tidak masuk dan merusak besi saat terkena air hujan, dan besi tidak berkarat.

Jika semua langkah sudah selesai, dan batu bata sudah naik semua maka tinggal nanti dilakukan finishing. Untuk membongkar bekisting tunggu cor mengering terlebih dulu. Selamat mencoba.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)