Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa

Minggu, 18 April 2021 - 15:30 WIB
loading...
Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa
Foto Ilustrasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19 muncul kekhawatiran saat menjalani ibadah puasa . Di antaranya puasa dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit pernapasan.

Namun, sebetulnya Anda tidak perlu khawatir karena puasa malah dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Manfaat puasa di antaranya dapat membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, hipertensi, obesitas, menurunkan kadar gula darah, hingga meningkatkan metabolisme.



Berikut adalah beberapa tips agar Anda menikmati ibadah puasa dengan sehat sambil menjaga sistem kekebalan, seperti dilansir dari laman Boldsky, Minggu (18/4).

1. Jangan Lewatkan Sahur

Saat Ramadhan, Anda tidak boleh hanya menunggu waktu berbuka. Pastikan juga Anda bangun di pagi hari untuk sahur. Perlu diketahui, makan dua kali selama bulan puasa akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif.

2. Hindari Gorengan

Memang tidak semua gorengan tak sehat, tetapi makan gorengan terus-menerus selama puasa dapat memengaruhi kesehatan usus dan jantung. Selama sahur serta berbuka, hindari makan keripik hingga kentang goreng.



3. Tingkatkan Asupan Cairan

Meningkatkan asupan cairan saat menjalani puasa sangatlah penting. Anda bisa minum air kelapa, jus lemon, jus mint, atau teh hijau saat sahur dan berbuka. Selain itu, pertahankan juga asupan air putih 2 liter atau setara dengan 8-9 gelas per hari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)