Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa

loading...
Tips Jadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat saat Berpuasa
Foto Ilustrasi. Foto/Istimewa
JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19 muncul kekhawatiran saat menjalani ibadah puasa . Di antaranya puasa dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit pernapasan.

Namun, sebetulnya Anda tidak perlu khawatir karena puasa malah dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Manfaat puasa di antaranya dapat membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, hipertensi, obesitas, menurunkan kadar gula darah, hingga meningkatkan metabolisme.

Baca Juga: Cegah Dehidrasi, Ini Asupan yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa!

Berikut adalah beberapa tips agar Anda menikmati ibadah puasa dengan sehat sambil menjaga sistem kekebalan, seperti dilansir dari laman Boldsky, Minggu (18/4).

1. Jangan Lewatkan Sahur



Saat Ramadhan, Anda tidak boleh hanya menunggu waktu berbuka. Pastikan juga Anda bangun di pagi hari untuk sahur. Perlu diketahui, makan dua kali selama bulan puasa akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif.

2. Hindari Gorengan

Memang tidak semua gorengan tak sehat, tetapi makan gorengan terus-menerus selama puasa dapat memengaruhi kesehatan usus dan jantung. Selama sahur serta berbuka, hindari makan keripik hingga kentang goreng.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Vaksinasi Miliki Peranan yang Sangat Penting

3. Tingkatkan Asupan Cairan



Meningkatkan asupan cairan saat menjalani puasa sangatlah penting. Anda bisa minum air kelapa, jus lemon, jus mint, atau teh hijau saat sahur dan berbuka. Selain itu, pertahankan juga asupan air putih 2 liter atau setara dengan 8-9 gelas per hari.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top