Rio Reifan Kembali Ditangkap Polisi, Waspada Bahaya Narkoba untuk Kesehatan

Selasa, 20 April 2021 - 15:35 WIB
loading...
Rio Reifan Kembali Ditangkap Polisi, Waspada Bahaya Narkoba untuk Kesehatan
Rio Reifan Kembali Ditangkap Polisi, Waspada Bahaya Narkoba untuk Kesehatan. Foto/Sindonews.
A A A
JAKARTA - Rio Reifan kembali ditangkap polisi karena kasus penyalahgunaan narkoba untuk keempat kalinya. Penangkapan Rio Reifan dilakukan oleh Satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat pada Senin (19/4) di kediamannya.

Sebelumnya, sang pesinetron pernah tersandung masalah serupa pada Januari 2015, Agustus 2017 dan Agustus 2019. Merangkum dari laman resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), Selasa (20/4), penyalahgunaan narkoba bisa berdampak pada hidup dan kesehatan seseorang.

Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tentunya terdapat banyak bahaya narkoba bagi hidup dan kesehatan manusia. Berikut lima bahaya narkoba untuk kesehatan.



1. Dehidrasi

Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

2. Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.



3. Menurunnya tingkat kesadaran


Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)