Menu Lezat Bergizi dan Olahraga Kunci Tetap Bugar Berpuasa di Tengah Pandemi

Jum'at, 23 April 2021 - 04:37 WIB
loading...
Menu Lezat Bergizi dan Olahraga Kunci Tetap Bugar Berpuasa di Tengah Pandemi
Foto Ilustrasi/Progrow.fit
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi sangat penting menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah terinfeksi virus. Makan makanan bergizi dan olahraga teratur adalah dua hal yang selalu dianjurkan para ahli untuk menjaga kekuatan sistem imun.

Terlebih di bulan Ramadhan, mempertahankan tubuh tetap bugar dan fit adalah hal mutlak agar puasa kita berjalan lancar, kesehatan pun terjaga.

Baca Juga: Satgas: Varian Baru Virus COVID-19 Dominasi Tiga Wilayah Ini

Menurut Ketua Ikatan Ahli Gizi Olahraga dan Kebugaran Indonesia Mury Kuswary, cara termudah untuk menjaga kebugaran tubuh selama Ramadhan, terutama di masa pandemi seperti saat ini, adalah dengan menjaga pola makan yang baik serta rutin berolahraga. Juga tak ketinggalan kurangi tingkat stres dan jangan lupa tingkatkan ibadah.

"Selama puasa, terjadi defisit kalori yang membuat hormon tubuh berubah, yaitu penurunan insulin dan peningkatan hormon glukagon, yang memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi saat kita beraktivitas," ujar Mury melalui keterangan tertulis, belum lama ini.

Ketika ingin berolahraga saat berpuasa, kita tentu harus memperhatikan beberapa hal. Mury mengingatkan, perhatikanlah jenis dan waktu olahraganya. "Olahraga 3-5 kali per minggu dengan intensitas sedang-tinggi, lalu gabungkan cardio dan olahraga beban ringan, jadikan 20-60 menit setiap kali akan ideal untuk Anda,” sebut Mury.

Selain olahraga, mengonsumsi makanan bergizi dan lezat di bulan Ramadhan juga dinilai sangat penting oleh Mury. “Selama berpuasa, terutama pada masa pandemi ini, tubuh kita membutuhkan lebih banyak konsumsi makanan bergizi seimbang. Agar kebutuhan nutrisi tercukupi saat berpuasa, maka makanan bergizi yang kita miliki harus enak, sehingga nafsu makan meningkat," ungkap Mury.

Tak hanya bergizi, makanan memang harus dibuat enak. Menurut Mury, kelezatan itu bisa kita dapatkan dengan menambahkan bumbu dengan cita rasa umami.

Mendorong masyarakat untuk menyajikan makanan sehat dan lezat juga menjadi concern PT AJINOMOTO INDONESIA. Prosuden bumbu masak ini berharap setiap orang selalu sehat dan fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sembari berpuasa di tengah masa pandemi. Karena itulah website Dapur Umami dan website Winning Meals Kachimeshi dibuat serta dijalankan oleh PT AJINOMOTO.

Di dua website tersebut, terdapat konten-konten yang memadukan pentingnya nutrisi, asupan makanan yang lezat, serta inspirasi resep yang sempurna untuk bulan Ramadhan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1518 seconds (10.177#12.26)