Tak Kalah dengan Salmon, Ikan Kembung juga Kaya Omega 3

Jum'at, 22 Mei 2020 - 09:30 WIB
loading...
Tak Kalah dengan Salmon, Ikan Kembung juga Kaya Omega 3
Ikan salmon memiliki Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tapi, harganya cukup mahal. Anda pun bisa memilih ikan kembung yang juga kaya akan Omega 3 dengan hatga terjangkau. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Selain ikan salmon, ikan kembung juga kaya akan Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Bahkan, dibandingkan ikan salmon, ikan kembung memiliki harga yang lebih terjangkau dan mudah didapat sehingga ikan jenis ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi asupan protein sehari-hari.

"Ternyata Omega 3 bukan hanya di ikan salmon ya, ternyata di ikan kembung pun itu tinggi Omega 3-nya sehingga tidak usah mahal-mahal kita buru ikan yang mahal, tapi bisa ikan seperti ikan kembung yang harganya murah dan terjangkau," kata Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Triyani Kresnawan. (Baca juga: Sehat Selama Pandemi, Ini Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak ).

Sementara, untuk kualitas protein ikan kembung, tidak perlu meragukan. Pasalnya, ikan kembung memiliki kualitas yang sama dengan protein hewani lainnya sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi ikan kembung.

Adapun asam lemak Omega 3 memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu relaksasi otot, pencernaan dan pembekuan darah. Di sisi lain, masyarakat di rumah juga bisa mencukupi kebutuhan protein dengan bahan pangan yang mudah terjangkau dan bervariasi seperti tahu, tempe dan telur, sehingga tidak selalu harus makan daging dan ikan. (Baca juga: Ingin Tetap Sehat saat Lebaran? Begini Saran Pakar ).

"Seperti misalnya telur dikombinasi dengan tempe dan tahu itu sebenarnya udan cukup. Jadi ekonomis, murah dan meriah. Kemudian dikombinasi dengan sayur, buah dan karbohidrat," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)