4 Tips Mulut Tetap Segar dan Tak Bau Selama Puasa Menurut Dokter

loading...
4 Tips Mulut Tetap Segar dan Tak Bau Selama Puasa Menurut Dokter
4 Tips Mulut Tetap Segar dan Tak Bau Selama Puasa Menurut Dokter. Foto/Santa Rosa CA Dentist.
JAKARTA - Bau mulut merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami banyak orang ketika puasa . Kondisi ini bisa membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri.

Maka dari itu, agar tak bau mulut dan tetap percaya diri menjalankan aktivitas keseharian, wajib tahu bagaimana trik agar mulut tetap segar dan jauh dari bau mulut menganggu. Dilansir dari Gulftoday, Senin (3/5) berikut ulasannya dari dokter ortodontis.

1. Perhatikan asupan minuman

Disarankan oleh Dr Khalid Alameri, Consultant Orthodontist dan kepala Dental Clinic, selama berpuasa kita harus menghindari garam, kafein, dan diuretik selama di jam saat tak berpuasa. Tujuannya agar mulut tak kering yang bisa memicu perkembangan bakteri mulut, penyebab utama bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

Baca Juga : Punya Penyakit Autoimun, Ini Cara Mikha Tambayong Jaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

2. Sikat gigi



Trik paling mudah, ialah dengan rutin menyikat gigi setiap setelah santap sahur dan usai berbuka. Tapi tak hanya cukup dengan menyikat gigi, biasakan juga untuk langsung floss gigi usai sahur dan buka puasa. Selama jam berpuasa, bisa bersihkan mulut dengan menggunakan tonguescraper, miswak dan membilas mulut dengan air atau obat kumur.

Dokter Khalid menyarankan untuk gunakan probiotik oral untuk mengisi kembali bakteri sehat yang mungkin hilang melalui penggunaan obat kumur yang terlalu banyak dan saat berbuka puasa.

3. Perhatikan asupan makanan

Dokter Shifa Saleem, ahli bedah gigi menyarankan memperhatikan asupan makanan, terutama makanan manis dengan tekstur lengket seperti cokelat dan kismis. Semakin lama gula bersentuhan dengan gigi, maka semakin banyak kerusakan yang akan ditimbulkan oleh gula tersebut.

Alih-alih ngemil makanan manis yang lengket, ganti kudapan Anda dengan keju mozzarella atau keju lainnya, kacang tanah, yoghurt, susu, dan permen karet bebas gula (terutama yang mengandung xylitol) yang baik untuk gigi. Jenis kudapan ini, disebutkan bisa membantu membersihkan mulut dari gula berbahaya dan melindungi dari plak.



Baca Juga : Makin Parah, Angka Positif COVID-19 di India Tembus 400 Ribu dalam Sehari

4. Tidak makan sebelum tidur

Dokter Shifa mengingatkan untuk menghindari kebiasaan ngemil sebelum tidur, karena makanan yang tertinggal di gigi lebih cenderung menyebabkan gigi berlubang di malam hari. Ditambah lagi, produksi air liur menurun saat tidur, sehingga air liur tidak membersihkan mulut dengan baik saat jam tidur.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top