Berpotensi Bakteri, Jangan Simpan Makanan Ini di Dalam Freezer

Senin, 20 April 2020 - 04:16 WIB
loading...
Berpotensi Bakteri, Jangan Simpan Makanan Ini di Dalam Freezer
Tidak semua makanan bisa disimpan dalam freezer. Beberapa makanan justru dapat merusak kesehatan, jika dimakan usai disimpan dalam freezer. Foto : Okezone/Doc
A A A
MAKASSAR - Untuk mengawetkan makanan biasanya kita menaruhnya di tempat paling dingin di kulkas yakni di dalam freezer. Makanan yang disimpan dalam pendingin beku ini bisa dimasak lagi jika kita membutuhkan.

Namun tahukah kamu, tidak semua makanan bisa disimpan dalam freezer. Beberapa makanan justru dapat merusak kesehatan, jika dimakan usai disimpan dalam freezer.

1. Telur Utuh
Sangat tidak dibenarkan membekukan telur didalam freezer. Selain bisa pecah juga ketika dingin, telur berkontraksi dan memiliki gelombang ekspansi ketika mencapai titik beku.

2. Daging Mentah, Ikan dan Unggas
Daging yang telah dibekukan bisa menyebabkan kualitasnya menjadi buruk dan meningkatkan potensi bakteri. Produsen biasanya membekukan daging pada 80 derajat dibawah nol untuk membantu membunuh parasit apapun. Ketika kamu membekukan daging pada suhu normal di rumah, biasanya suhu nol derajat, daging menjadi keras dan tidak enak. Kondisi ini juga mengundang untuk pertumbuhan mikroba yang tidak selalu mati pada suhu freezer.

3. Susu, Krim Asam dan Yogurt
Susu dapat dibekukan selama satu hingga tiga bulan. Meski begitu, susu atau produk susu lainnya kemungkinan tidak terasa sama segarnya dengan sebelum dibekukan. Setelah susu dicairkan, maka akan terpisah menjadi air dan potongan dadih.

4. Biji dan Kopi Bubuk
Menambah es dalam kopi memang tak menimbulkan masalah, tetapi bukan ide yang baik menyimpan biji kopi atau kopi bubuk ke dalam freezer. Ketika membekukan kopi, kamu akan mendapatkan bubuk yang bau, lembab dan rasanya tidak enak karena menyerap rasa dan kelembaban dari produk lain yang tersimpan dalam freezer kulkas.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)