Tips Memilih Menu Berbuka yang Sehat, Salah Satunya Mengawali dengan Kurma

loading...
Tips Memilih Menu Berbuka yang Sehat, Salah Satunya Mengawali dengan Kurma
Mengawali buka puasa dengan kurma sangat disarankan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Tips memilih menu berbuka yang sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama puasa. Biasanya usai menahan lapar dan haus seharian, orang seringkali kalap saat waktu berbuka puasa dengan menyantap segala jenis makanan ataupun minuman. Bahkan mereka tak lagi memperhatikan kandungan atau nutrisi di dalam makanan tersebut.

Padahal, berbuka puasa dengan menu seimbang itu penting untuk cadangan simpanan energi dan membantu tubuh untuk siap kembali berpuasa keesokan harinya. Maka dari itu, kita harus melakukan upaya ekstra dalam hal mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu seperti apa cara memilih makanan sehat untuk berbuka puasa? Mengutip laman Al Arabiya, Rabu (5/5/2021) yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Bukan Cuma Kehamilan, Ini Penyebab Munculnya Stretch Mark pada Wanita

1. Hidrasi Sebelum Makan

Minum air yang cukup sebelum makan, sangat disarankan saat berbuka puasa. Anda bisa memilih bisa air mineral, jus buah segar, atau susu. Hal ini untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan sekaligus memberi tubuh kita cairan esensial yang dibutuhkannya. Minumlah satu hingga dua gelas air sebelum makan dan bukan selama makan untuk menghindari penundaan proses pencernaan. Jangan pilih minuman yang banyak mengandung gula dan tinggi kalori.



2. Awali dengan Kurma

Seperti sunah dari Rasulullah SAW, awali ritual berbuka puasa dengan menyantap kurma. Kurma merupakan buah bernutrisi dengan gula alami, yang bisa memberikan energi untuk tubuh. Terlebih jika sempat pusing selama berpuasa karena kadar gula darah rendah, mulailah buka puasa dengan dua butir kurma untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh

3. Semangkuk Sup
Sup dikatakan jadi hidangan yang sangat diperlukan untuk menu buka puasa, karena kaya akan air dan membantu untuk menghidrasi tubuh. Dalam memilih sup, disarankan untuk mengonsumsi sup berisi kacang-kacangan, tomat, atau sayuran dan sebisa mungkin hindari sup yang berbahan dasar krim..

4. Sayur-sayuran Hijau

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan memberikan begitu banyak nutrisi dengan sedikit kalori. Semakin berwarma mangkuk sayuran Anda, semakin banyak pula manfaat kesehatan yang ada. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga membuat perut kenyang sehingga porsi makan di hidangan utama bisa jadi lebih sedikit. Targetkan untuk dua porsi sayuran setiap kali makan, hitungannya satu porsi sama dengan 1/2 cangkir sayuran mentah atau dimasak atau bisa juga jus sayuran.



Baca Juga : Ingin Diet Sehat dan Aman? Ini Tips dari Dokter Reza Gladys

5. Pilih Karbohidrat yang Baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat kompleks. Contohnya nasi merah, pasta atau roti gandum atau kentang. Karbohidrat kompleks menawarkan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top