Tips Memilih Menu Berbuka yang Sehat, Salah Satunya Mengawali dengan Kurma

Rabu, 05 Mei 2021 - 08:56 WIB
loading...
A A A
Baca Juga : Ingin Diet Sehat dan Aman? Ini Tips dari Dokter Reza Gladys

5. Pilih Karbohidrat yang Baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat kompleks. Contohnya nasi merah, pasta atau roti gandum atau kentang. Karbohidrat kompleks menawarkan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral.

6. Protein Tanpa Lemak

Memilih protein untuk menu berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial, yang mana akan digunakan oleh tubuh untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Contohnya daging sapi, susu rendah lemak, yogurt, telur, keju, ikan, dan daging unggas semuanya merupakan protein berkualitas tinggi yang lengkap. Pilihlah sumber protein tanpa lemak dengan sedikit lemak jenuh. Jika vegetarian, bisa pilih sumber protein lain seperti polong-polongan, dan kacang-kacangan.

7. Hindari mMkanan Tinggi Lemak, Garam dan Gula

Sebisa mungkin jauhi makanan berat untuk buka puasa yang mengandung terlalu banyak lemak tidak sehat, garam, dan tambahan gula. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan. Lalu bisa juga mengganti permen dan minuman manis dengan gula alami yang ada pada buah-buahan segar, buah-buahan kering, dan salad buah.

(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)