Jangan Sampai Dilewatkan, Ini Manfaat Sahur bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 05 Mei 2021 - 10:17 WIB
loading...
Jangan Sampai Dilewatkan, Ini Manfaat Sahur bagi Kesehatan Tubuh
Tahukah Anda, sahur memiliki banyak manfaat. Bukan hanya pahala tapi baik juga untuk kesehatan tubuh manusia. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sahur jadi hal yang paling penting sebelum berpuasa. Makan dan minuman sehat, serta terbaik dikonsumsi sebelum adzan subuh berkumandang. Sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW, karena di dalamnya terdapat keberkahan.

Baca juga: Tips Memilih Menu Berbuka yang Sehat, Salah Satunya Mengawali dengan Kurma

Tahukah Anda bahwa sahur memiliki banyak manfaat. Bukan hanya pahala tapi baik juga untuk kesehatan tubuh manusia.

Seperti dilansir laman Malay Mail, ahli gizi Hamid Jan Mohamed mengatakan, sahur dapat meningkatkan metabolisme yang sehat, mengurangi rasa lapar, meningkatkan kewaspadaan mental, kesehatan otak yang lebih baik.

Selain itu, lebih banyak energi, rehidrasi, meningkatkan pencernaan, membantu mempertahankan massa otot tanpa lemak hingga mengurangi kelelahan.

Sebagian masyarakat Melayu menganggap, bahwa nasi jadi menu penting saat sahur. Sebab dipercaya akan menjaga asupan karbohidrat.

"Komunitas Muslim Melayu sangat terikat dengan nasi dan seringkali porsi yang besar karena menurut mereka lebih banyak nasi sama dengan lebih kenyang" kata dia.

"Ada miskonsepsi (kurangnya pengetahuan) yang banyak, orang mengira kalau mau sahur harus makan nasi," tambahnya.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Beberapa Bahaya Kekurangan Vitamin D

Maka dari itu selain memakan nasi, juga harus disertai dengan makanan pendamping lainnya saat sahur. Seperti sayuran, protein dan lainnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)