Dokter Nilai Suntik Vitamin C di Bibir Seperti Amanda Manopo Bahaya

loading...
Dokter Nilai Suntik Vitamin C di Bibir Seperti Amanda Manopo Bahaya
Amanda Manopo. Foto/Instagram.
JAKARTA - Amanda Manopo mengaku suntik vitamin C di bibir setelah perubahan bentuk bibirnya menjadi sorotan netizen. Namun, praktik ini dinilai berbahaya oleh Dokter Kecantikan dan Antiaging dr Cynthia Jayanto, M.Biomed (AAM).

Menurut dr Cynthia, tidak diperkenankan melakukan suntik vitamin C di bibir secara langsung. "Nggak boleh itu nyuntikin vitamin C langsung ke bibir, berbahaya," kata dr Cynthia pada MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat, Rabu (5/5).

Menyuntikan vitamin C ke bibir, dijelaskan dr Cynthia, bahwa kandungan vitamin C merupakan ascorbic acid 1000 mg yang mana bahan aktif ini tidak sesuai untuk bibir. Selanjutnya, vitamin C memiliki kandungan asam askorbic yang sifatnya asam.

Baca Juga : Bantah Operasi Bibir, Begini Penjelasan Amanda Manopo!



"Sifat asam tersebut bisa menyebabkan jaringan sikatriks atau jaringan parut di bibir. Ini berbahaya," jelas dr Cynthia.

Lebih lanjut dr Cynthia mengungkapkan, area bibir mengandung banyak pembuluh darah. Dengan menyuntikkan vitamin C ke bibir, berisiko terjadinya pembengkakan atau bahkan lebam kebiruan.

"Kalau sudah begitu, vitamin C yang harapannya mengatasi pecah-pecah pada bibir malah akan mematikan jaringan pembuluh darah di bibir," ungkap dr Cynthia.

Oleh karena itu, dr Cynthia menyarankan mereka yang mengalami bibir pecah-pecah untuk tidak menyuntikkan vitamin C ke bibir langsung. Sebagai gantinya, bisa menggunakan pelembab bibir yang mengandung vitamn C.

Baca Juga : Klaster Perkantoran Meningkat, Dokter Sarankan Tidak Bukber

"Jadi, sebaiknya atasi bibir pecah-pecah dengan produk dalam bentuk topikal dengan konsentrasi persentase yang disesuaikan dengan bibir dan biasa kalau topikal dicampurkan dengan bahan pelembap lainnya. Penggunaan masker bibir, lipbalm, dan vaselin jelly juga bisa membantu," tandasnya.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top