Tips Masak Rendang Spesial Lebaran, Dijamin Empuk Anti Alot

Rabu, 12 Mei 2021 - 08:20 WIB
loading...
Tips Masak Rendang Spesial Lebaran, Dijamin Empuk Anti Alot
Tips Masak Rendang Spesial Lebaran, Dijamin Empuk Anti Alot. Foto/Endeustv.
A A A
JAKARTA - Rendang menjadi salah satu hidangan wajib saat Lebaran . Sayang, tak semua orang bisa masak rendang yang enak. Daging yang alotataukeras menjadi salah satu hal yang kerap dikeluhkan ketika masak hidangan asal Sumatra Barat ini.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ada cara mudah yang bisa membantu masak rendang yang empuk dan enak untuk disajikan saat Lebaran. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Berikut ulasannya dilansir dari Times of India, Rabu (12/5).


1. Pepaya

Pepaya hijau mengandung enzim yang disebut papain dan merupakan senyawa yang memiliki kemampuan untuk memecah serat daging. Papain memecah kolagen, yang merupakan protein utama yang menghubungkan jaringan.

Ini biasanya berlaku untuk semua jenis daging. Anda hanya perlu pepaya hijau dengan kulit dan sedikit air. Oleskan pepaya yang sudah dihaluskan dengan lembut ke daging.

2. Nanas

Enzim yang disebut bromelain dalam nanas memecah protein daging, melembutkan jaringan pada daging sebelum dimasak. Buah tropis ini adalah salah satu dari sedikit bahan bumbu yang benar-benar melembutkan daging sambil memberikan rasa yang kaya.

Agar rendang berhasil empuk tanpa merusak rasa dan teksturnya, tuangkan jus nanas ke atas daging dan rendam selama 1-2 jam, tergantung jenis dagingnya. Hindari menggunakan nanas kalengan atau yang sudah dimasak.


3. Buttermilk
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)