Jangan Bingung, Begini Langkah Menjaga Bobot Tetap Ideal Usai Lebaran

Jum'at, 14 Mei 2021 - 22:16 WIB
loading...
Jangan Bingung, Begini Langkah Menjaga Bobot Tetap Ideal Usai Lebaran
Banyak orang yang melampiaskan kegembiraan dengan makan dan minum yang berlebihan saat Lebaran. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Usai sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan, seluruh umat Islam di dunia menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 2021 . Dalam momen Lebaran, kerap kali disajikan berbagai hidangan yang lezat dan menggiurkan.

Baca juga: Kalap Makan Saat Lebaran, Berbagai Macam Penyakit Mengintai

Meskipun sudah terbiasa menahan lapar dan haus selama Ramadhan, namun banyak orang yang melampiaskan kegembiraannya dengan makan dan minum yang berlebihan saat Lebaran . Tak jarang hal itu membuat berat badan naik drastis.

Menukil citizen.co.za, berikut beberapa tips untuk Anda menyiasati bagaimana mempertahankan berat badan setelah Lebaran.

1. Jangan melewatkan sarapan

Ada anggapan salah bahwa melewatkan sarapan akan membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kehilangan nutrisi penting yang didapat tubuh dari sarapan, menyebabkan peningkatan rasa lapar yang berlebihan di siang hari. Hal ini memicu Anda untuk selalu ngemil sepanjang hari. Jadi, nikmati sarapan Anda beserta susu, gandum, dan buah-buahan segar.

2. Minum banyak air

Rasa haus sering kali mudah disalahartikan sebagai rasa lapar dan Anda akhirnya mengonsumsi makanan berkalori ekstra. Minum hanya dua gelas air sebelum Anda duduk untuk makan akan mengurangi rasa lapar dan pada akhirnya akan mengurangi asupan makanan Anda. Selain itu, ketika Anda terhidrasi dengan baik, pengeluaran energi Anda meningkat yang akan membakar kalori lebih cepat.

3. Kendalikan porsi makanan

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, ada kemungkinan tubuh Anda telah beradaptasi dengan makanan tinggi garam dan sarat lemak. Untuk alasan ini dan untuk kembali ke kebiasaan makan sehat Anda lagi, disarankan untuk makan dengan porsi yang lebih kecil. Di samping itu Anda juga harus makan perlahan karena perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)